Anggota DPR RI M Nurdin Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Pangandaran

  • Whatsapp

SEPUTARPANGANDARAN.COM – Anggota DPR/MPR RI H  Muhammad Nurdin MM menggelar sosialiasi Empat Pilar Kebangsaan MPR RI di Desa Batumalang Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran, Rabu 18 November 2020.

Bacaan Lainnya

Kegiatan dihadiri pula sejumlah anggota DPRD Pangandaran Fraksi PDI Perjuangan, Kepala Desa dan ratusan masyarakat desa setempat.

Pada sosialisasi empat pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika itu, Nurdin tidak hadir secara langsung sebagai narasumber, namun mengikuti secara virtual. Sementara materi sosialisasi disampaikan oleh tenaga ahli DPR RI Komisi III Sutrisno SH.

“Ini kewajiban kita kepada warga Pangandaran. Mereka harus memahami empat pilar kebangsaan ini karena jangan sampai ideologi Pancasila diubah,” ujar Sutrisno.

Dikatakan, MPR RI sebagai lembaga negara terus berusaha menghidupkan kembali nilai-nilai tersebut. Salah satunya dengan terus mensosialisasikan empat Pilar MPR RI.

“Keempat Pilar tersebut Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD NKRI 1945 sebagai Konstitusi Negara dan Ketetapan MPR RI, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara,” jelasnya.

Kegiatan sosialisasi ini juga untuk senantiasa mengingatkan masyarakat terkait landasan fundamental negara Indonesia, sehingga masyarakat tetap memiliki ketahanan ideologis yang kuat.

“Untuk refresh kembali pemahaman masyarakat tentang dasar negara,” kata Sutrisno.

Sementara sebelumnya Ketua Fraksi PDI Perjuangan Ucup Supriatna menyatakan apresiasi atas kegiatan tersebut. Ucup mengatakan sosialisasi empat pilar dipandang penting mengingat fenomena akhir-akhir ini dimana muncul gejala disintegrasi bangsa, diantaranya dalam bentuk gerakan politik identitas.

“Semua pihak punya kewajiban untuk menjaga empat pilar kebangsaan ini. Mari kita laksanakan sesuai tugas dan peranan masing-masing,” kata Ucup.*

Pos terkait