Seorang Jemaah Haji Asal Pangandaran Meninggal Dunia di Jeddah Arab Saudi, Diduga Kelelahan

SEPUTARPANGANDARAN.COM – Seorang jemaah haji asal Kabupaten Pangandaran bernama Popon Rohmawati (50) meninggal dunia saat tiba di Jeddah Arab Saudi. Popon dinyatakan meninggal dunia di rumah sakit King Fadh Hospital Jeddah pada hari Jumat, 25 Mei 2024 sekitar 06.00 waktu Arab Saudi.

Kepala Kementerian Agama Pangandaran, Yayan Herdiana membenarkan adanya satu jemaah calon haji asal Kecamatan Cimerak, Pangandaran yang meninggal dunia yang diduga mengalami kelelahan beberapa saat sampai di Jeddah.

Berdasarkan laporan, kata Yayan, sekitar pukul 4.20 waktu Arab Saudi setelah pesawat landing, jemaah ini mengeluh pusing, kemudian pingsan, lalu dibawa ke rumah sakit di Jeddah yang didampingi oleh suami dan tim medis, akhirnya dinyatakan meninggal.

Menurut Yayan, penyebab meninggalnya jemaah tersebut diduga kelelahan dan mengalami darah rendah.

“Pada saat pesawat pembawa jemaah calon haji melakukan landing di bandara Jeddah, ada pramugari yang menghampiri karena jemaah tersebut mengalami pusing-pusing hingga pingsan. Lalu dibawa ke rumah sakit dan dinyatakan meninggal dunia,” kata Yayan.

Baca juga:  Tergerus Arus Sungai Citanduy, Jalan Provinsi Jalur Kalipucang-Majingklak Terancam Putus

Kemudian jenazah diserahkan kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Jeddah untuk ditangani lebih lanjut.

“Jadi tidak dipulangkan ke Indonesia (Pangandaran). Jenazah dimakamkan di Jeddah Arab Saudi, dan pihak keluarganya pun sudah mengetahui,” ujar Yayan.

Atas meninggalnya satu orang jemaah calon haji asal Kabupaten Pangandaran, kata Yayan, pihak keluarga almarhum akan mendapatkan asuransi sebesar biaya perjalanan ibadah haji.

“Dan diserahkannya asuransi tersebut setelah pelaksanaan ibadah haji selesai,” ujarnya. “Kondisi jemaah sebelum berangkat dinyatakan sehat oleh tim kesehatan Embarkasi Jakarta-Bekasi, namun Qadarullah, almarhumah meninggal dunia ketika di Jeddah,” ucap Yayan.

Sebelumnya, sebanyak 429 orang jemaah calon haji asal Pangandaran diberangkatkan dari Pangandaran menuju Embarkasi Bekasi pada hari Kamis 23 Mei 2024 pagi.

Lalu pada Jumat 24 Mei 2024 malam rombongan jemaah calon haji asal Kabupaten Pangandaran diberangkatkan dari bandara internasional Soekarno-Hatta dan sampai pada hari Sabtu 25 Mei 2024 di bandara Jeddah sekira pukul 04.20 WAS.***