Gadget  

Rumor iPhone 15 Series, Meluncur 13 September dengan Bezel Tipis

Jakarta, Gizmologi – Penggemar smartphone Apple kini sedang bersiap menantikan perilisan produk terbarunya yang umumnya diluncurkan pada bulan September. Jelang waktu rilis, rumor iPhone 15 Series semakin kuat, dengan bocoran spesifikasi dan tanggal acara yang kemungkinan sedikit mundur dibandingkan iPhone 14 Series tahun lalu.

Bisa dibilang, rumor iPhone 15 Series adalah yang paling dinanti. Pasalnya, Apple bakal hadirkan sejumlah peningkatan yang cukup signifikan, tidak hanya pada varian Pro namun juga versi standarnya. Salah satunya adalah penggunaan port USB-C, meninggalkan port Lightning demi mematuhi peraturan yang berlaku di Eropa untuk pemasaran produk. Membuat smartphone Apple tak lagi harus pakai jenis port khusus.

Selain itu, rumor iPhone 15 Series yang juga sudah lama beredar adalah penggunaan Dynamic Island di semua varian. Artinya, untuk pertama kalinya iPhone 15 & 15 Plus bakal meninggalkan desain notch yang memang terlihat jadul, menjadi lebih modern dengan jenis punch-hole yang sekaligus dirancang untuk menampilkan notifikasi secara dinamis—sampai direplikasi oleh sejumlah vendor smartphone Android, termasuk realme.

Baca juga:  Max Verstappen Ingin Reuni dengan Daniel Ricciardo di Red Bull

Baca juga: Beats Studio Pro Diresmikan, Alternatif AirPods Max yang Lebih Terjangkau

Rumor iPhone 15 Series Punya Bezel Lebih Tipis

Rumor iPhone 15 Series
Render perbandingan bezel layar iPhone 14 Pro (atas) vs iPhone 15 Pro (bawah). Sumber: Naver:yeux1122

Lantas apa saja rumor iPhone 15 Series terbaru yang bakal dinanti oleh para penggemar gadget? Mark Gurman dari Bloomberg yang sudah dikenal cukup akurat dalam menyampaikan rumor Apple terbaru, kembali mengonfirmasi bila semua iPhone 15 Series bakal mengusung desain kamera depan yang sama seperti iPhone 14 Pro Series, termasuk penggunaan port USB-C. Namun begitu, duo iPhone 15 & 15 Plus masih tetap sebatas membawa layar 60Hz, belum mendukung refresh rate tinggi berjenis adaptif seperti pada iPhone Pro Series. Juga bakal mengusung cip Apple A16 Bionic yang digunakan di 14 Pro Series tahun lalu.

Yang cukup menarik, iPhone 15 Series juga akan mengadopsi desain sasis baru dari generasi tahun lalu, mempermudah perbaikan hardware. Kalau varian standar bakal ikut-ikutan pakai Dynamic Island, iPhone 15 Pro Series siap hadir dengan bezel yang paling tipis di semua iPhone saat ini, hanya 1,5mm (vs 2,2mm di 14 Pro Series).

Baca juga:  10 potret bus yang memilih ubah bentuk dengan memodifikasi lampu agar lebih ramai dan mencolok di jalan

Rumor iPhone 15 Series dengan bezel tipis ini dikabarkan berkat penggunaan teknologi low-injection pressure over-molding (LIPO) pada layar versi Pro—sebuah teknologi yang sudah diterapkan Apple kepada layar Apple Watch Series 7 & 8, untuk membuat dimensi layar lebih besar dengan bezel lebih tipis. Ke depannya, iPad Pro juga bakal mengadopsi teknologi serupa.

Selain layar, material iPhone 15 Pro juga bakal diperbarui, di mana bagian bingkai atau frame bakal gunakan bahan titanium yang diklaim lebih kuat sekaligus lebih ringan dibandingkan stainless steel pada iPhone 14 Pro Series. Sudut bodi belakangnya juga dikabarkan bakal dibuat sedikit lebih melengkung, mirip seperti apa yang dilakukan Nothing terhadap smartphone terbarunya, Phone (2).

Harga iPhone 15 Pro Series Disebut Bakal Naik

Harga iPhone 15 Series
Rumor harga iPhone 15 Series

Bagaimana dengan peningkatan kameranya? Sejak beberapa waktu lalu, rumor iPhone 15 Series yang telah beredar, fokus pada pembahasan kamera iPhone 15 Pro Series yang dikabarkan bakal membawa sensor periskop terbaru. Mirip seperti iPhone 12 Pro Series, disebut-sebut bila hanya varian Pro Max yang bakal memiliki kemampuan zoom paling jauh, hingga 6x optical zoom.

Baca juga:  iPhone 13 Sudah Bisa Dipesan, Ini Daftar Lengkap Harga Resminya

Untuk chipsetnya sendiri, hanya versi Pro yang bakal mengusung cip terbaru yakni Apple A17, dengan fabrikasi 3nm yang lebih efisien daya. Pembaruan ini dikabarkan bakal membuat harga iPhone 15 Pro Series naik, sampai USD200 untuk versi Pro Max, dibandingkan generasi sebelumnya.

Benar atau tidaknya rumor iPhone 15 Series dari Mark Gurman, dapat kita buktikan kelak pada saat peluncuran resmi. Dikutip dari 9to5Mac, Apple dikabarkan siap merilis iPhone 15 Series secara resmi pada 13 September 2023 mendatang, diambil dar berbagai sumber internal termasuk beberapa operator di Amerika Serikat.