Pahami cara kerja rolling resistance pada ban kendaraan komersial

Ahmad Juweni kemudian memberikan beberapa tips untuk mengoptimalkan rolling resistance pada ban kendaraan niaga. Menurut dia, mempertimbangkan total muatan dan pasokan udara serta muatan kendaraan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Dengan beban yang tepat, ban akan menerima tekanan yang lebih sedikit sehingga bidang kontak ban dengan jalan tidak terlalu melebar dan tahanan gelinding menjadi lebih rendah.

“Dengan cara ini, pengemudi dapat mengurangi deformasi ban saat berkendara, sehingga energi yang dikonsumsi juga berkurang. Tidak disarankan untuk memompa tekanan angin lebih dari yang disarankan untuk mendapatkan area kontak ban yang lebih kecil”, jelasnya. .

Periksa kelurusan ban dengan benar. Ban yang tidak sejajar dapat menyebabkan gesekan jalan yang berlebihan. Biasanya, ban yang tidak sejajar akan aus secara tidak merata akibat kontak antara ban dan jalan.

“Tahanan gelinding juga dipengaruhi oleh bentuk ban, desain tapak dan kompon ban, sehingga menjaga ban dalam kondisi prima akan membantu mengoptimalkan hambatan gelinding yang dirancang pabrikan,” jelas Ahmad.