OMEGA, Cara RSUD Pandega Pangandaran, Peringati HUT Ikatan Fisioterapi Indonesia

RSUD Pandega Pangandaran menggelar kegiatan Olahraga Bersama Pandega (OMEGA) yang terbuka untuk umum.
RSUD Pandega Pangandaran menggelar kegiatan Olahraga Bersama Pandega (OMEGA) yang terbuka untuk umum.

SEPUTARPANGANDARAN.COM – Untuk memperingati HUT Ikatan Fisioterapi Indonesia, RSUD Pandega Pangandaran menggelar kegiatan Olahraga Bersama Pandega (OMEGA) yang terbuka untuk umum.

Kegiatan ini disambut antusias pegawai dan pengunjung RSUD Pandega Pangandaran. Selain sesi olahraga bersama, acara ini juga diramaikan dengan edukasi kesehatan dan deteksi dini gangguan vertigo.

Edukasi dan Deteksi Dini Gangguan Vertigo

Iwan Kartiwan, Ftr, seorang fisioterapis RSUD Pandega Pangandaran yang juga menjabat sebagai Ketua IFI PC Priangan Timur, menjelaskan bahwa terdapat tes khusus yang dilakukan oleh fisioterapis RSUD Pandega Pangandaran untuk mendeteksi gangguan vertigo dan keseimbangan pada kegiatan OMEGA ini. Tes sederhana tersebut dikenal dengan nama Fukuda test.

Fukuda Test: Metode Deteksi Dini Fungsi Vestibular

Fukuda test adalah tes sederhana yang dilakukan selama kurang lebih satu menit dan berfungsi untuk mendeteksi secara dini fungsi vestibular, pusat keseimbangan yang ada di otak. Jika hasil dari Fukuda test menunjukkan ketidaknormalan, ada kemungkinan individu tersebut mengalami gangguan vestibular.

Penyebab dan Penanganan Gangguan Vestibular

Gangguan vestibular bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah gangguan otot. Jika ada gejala yang mengarah ke vertigo atau nyeri kepala sebelah, sangat disarankan untuk segera berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Saraf dan Fisioterapis.

Baca juga:  Pemkab Pangandaran, Jadi Pionir Dalam Penyaluran Bantuan JPS Penanggulangan Covid-19

Klinik Saraf RSUD Pandega Pangandaran buka setiap hari Senin hingga Jumat, sementara Fisioterapi RSUD Pandega Pangandaran melayani setiap hari Senin sampai dengan Sabtu.***