Obyek Wisata di Pangandaran Tetap Buka Saat Libur Lebaran

  • Bagikan

SEPUTARPANGANDARAN.COM – Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata memastikan pariwisata tetap buka pada libur Lebaran 2021. Namun tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Tidak adanya penutupan objek wisata kala mudik dilarang itu, disampaikan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, kepada wartawan, Senin (3/5/2021) malam ini.

“Enggak, enggak ada penutupan objek wisata saat libur Lebaran. Tetap buka, yang penting protokol Kesehatannya tetap dilaksanakan,” ujar Jeje.

Namun bagaimana petugas membedakan antara pemudik dengan wisatawan?. Bukankah libur Lebaran berada pada rentang waktu pelarangan mudik 6 sampai 17 Mei 2021?.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan pemilahan wisatawan atau pemudik akan terlihat di pintu gerbang objek wisata. “Kan dari perbatasan ada penyekatan, kemudian masuk ke Pangandaran. Nah kalau wisatawan pasti akan masuk ke tol gate (pintu masuk wisata pantai), nah kalau pemudik tidak akan masuk ke sana,” kata Jeje.

Kalau pun ternyata ada pemudik yang lolos, Jeje mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 di tingkat desa, untuk melakukan karantina atau isolasi mandiri selama 5 hari.

“Pihak desa sudah kami tekankan untuk memantau warganya yang mudik. Kalau ada yang lolos wajib karantina dulu 5 hari,” kata Jeje.

Jeje juga menjelaskan, pemudik dan wisatawan berbeda dalam interaksinya. Wisatawan akan lebih mudah dipantau pelaksanaan protokol kesehatannya karena mereka berada di ruang publik.

Wisatawan pun tinggal di kamar hotel atau penginapan. Sementara pemudik ketika pulang ke rumahnya akan mengalami kontak erat dengan orangtua atau keluarganya di kampung.

“Jadi beda potensi penyebarannya antara pemudik dengan wisatawan,” kata Jeje.

Selain itu Jeje juga mengaku sudah menyiapkan skema jika ternyata wisatawan yang datang ke pantai Pangandaran membludak.

“Kami juga akan berlakukan buka tutup. Kalau wisatawan terlalu padat, kami akan tutup sementara. Seperti yang kami lakukan pada malam tahun baru,” kata Jeje.

Untuk melaksanakan skema itu Pemkab Pangandaran sudah melakukan koordinasi dengan aparat TNI dan Polri. “Kami sudah koordinasi dengan Pak Kapolres dan Pak Dandim, masalah pemudik dan wisatawan ini kami pantau betul,” kata Jeje.***

  • Bagikan