Komputer Generasi Pertama, Kedua, dan Ketiga yang Bersejarah

  • Bagikan
Komputer Generasi Pertama, Kedua, Dan Ketiga Yang Bersejarah

Pada awalnya, komputer tidak digunakan untuk kepentingan hiburan atau mengirim email, melainkan untuk menghitung kumpulan angka yang rumit. Kali ini, kami akan memberikan kumpulan komputer generasi pertama untuk Anda.

Saat ini kita sudah bisa menikmati teknologi yang sudah ada yaitu smartphone, yang bisa kita bawa kemana-mana. Namun, kali ini kami akan mengumpan sejarah singkat mengenai komputer yang berkembang.

Komputer Generasi Pertama, Kedua, Dan Ketiga Yang Bersejarah

Perkembangan Komputer Generasi Pertama

Teknologi komputer akan terus berkembang mulai dari tahun 1940 hingga saat ini. Dengan mengetahui hal tersebut, mungkin Anda bisa mendalami bagaimana perkembangannya hingga kini sudah banyak penggunanya.

Generasi Pertama Tahun 1940-1956

Selama periode tersebut komputer generasi baru berkembang. Menggunakan tabung vakum untuk sirkuit dan drum magnetik yang digunakan untuk memori. Tabung vakum tersebut berguna untuk memperkuat sinyal sekaligus mengendalikan gerakan elektron pada ruang evakuasi. Selain itu, harga dari komputer ini sangatlah mahal dan sulit untuk digunakan.

Generasi Kedua Tahun 1964-1971

Pada generasi ini tabung vakum terganti dengan transistor. Penggunaan alat ini sudah mulai dari tahun 1950-an. Keunggulan memiliki bentuk yang lebih kecil serta hemat energi. Pada komputer generasi kedua ini, pemrograman mulai berkembang, teknologi penyimpanan juga sudah berganti dari drum magnetik menjadi teknologi magnetik.

Baca juga:  Harga Komputer Gaming Murah Dengan Banyak Kelebihan

Generasi Ketiga 1964-1971

Di generasi ketiga ini untuk menguatkan ciri khas komputer. Bentuk mulai lebih kecil dan tempatnya pada chip silikon yang bernama semikonduktor. Selain itu, generasi ini mulai mengenalkan mouse dan keyboard. Lalu juga sudah lengkap dengan sistem operasional.

Pahami perkembangan komputer pertama, kedua, dan ketiga. Sebenarnya masih ada tahapan lainnya seperti generasi keempat yakni tahun 1971 hingga sekarang dan generasi kelima masa depan.

  • Bagikan