Kadar Oksigen Tubuh Diyakini Bakal Naik Jika Konsumsi 5 Buah Ini

  • Bagikan
Kadar Oksigen Tubuh Diyakini Bakal Naik Jika Konsumsi 5 Buah Ini
Kadar Oksigen Tubuh Diyakini Bakal Naik Jika Konsumsi 5 Buah Ini

Banyak buah yang kaya vitamin, namun ada juga beberapa buah yang mampu meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Termasuk kiwi dan pisang.

Selain meningkatkan imun, beberapa jenis buah juga terbukti ampuh mengontrol kadar oksigen dalam tubuh. Konsumsi buah secara rutin bisa membuat tubuh mendapat pasokan oksigen dalam jumlah yang cukup.

Saat ini, khususnya di Indonesia, banyak pasien Covid-19 yang mengalami keluhan sesak napas dan kekurangan oksigen. Selain menggunakan bantuan oksigen tambahan, kamu juga bisa mengandalkan konsumsi buah segar.

Bukan hanya diperuntukkan bagi pasien Covid-19 yang mengalami sesak napas, kecukupan oksigen dalam tubuh juga mempengaruhi kesehatan. Semua organ tubuh membutuhkan oksigen agar bisa berfungsi dengan maksimal.

Selain menjaga kesehatan paru-paru, menjaga kadar oksigen dalam tubuh juga bisa dibantu dengan konsumsi buah. Dilansir dari News Bust (13/7) berikut beberapa buah yang bisa memasok kadar oksigen dalam tubuh.

Foto: iStock
Foto: iStock

1. Kiwi

Kiwi mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan vitamin C pada kiwi mampu membuat tubuh tetap bugar dan sehat. Demikian juga kandungan serat pada kiwi yang memperlancar saluran pencernaan.

Baca juga:  Begini Reaksi Sistem Imun, Saat Virus Corona Menyerang Tubuh

Tak hanya itu, buah kiwi juga dikenal berfungsi membawa oksigen ke sel-sel darah. Dengan demikian, tubuh akan mendapat pasokan oksigen yang lebih optimal. Buah dengan daging berwarna hijau dan kuning ini juga membantu mengatasi anemia.

Nutrisi buah kiwi semakin baik ketika dikonsumsi dalam keadaan segar. Kamu bisa rutin menyantapnya setiap hari untuk hasil yang maksimal. Namun pastikan juga menjalani gaya hidup sehat dengan tidak merokok.

2. Tomat

Pasokan oksigen juga bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi tomat. Beberapa penelitian mengungkap kalau tomat membantu mengontrol kadar oksigen dalam tubuh. Jika kekurangan oksigen maka nutrisi dalam tomat membantu membawa oksigen melalui sel.

Selain meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, tomat juga bekerja efektif sebagai pemenuh kebutuhan vitamin C dan serat. Bahkan untuk sisi kecantikan, kandungan likopen dalam tomat membantu menjaga kesehatan kulit dan membuatnya lebih mulus merona.

3. Buah berry

Jenis berry seperti blueberry dan strawberry juga membantu meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Makanlah strawberry dan blueberry secara rutin untuk meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh.

Baca juga:  Tingkatkan Imun Tubuh Saat Pandemi, Simak Beberapa Tips Pentingnya!

Buah dengan rasa manis dan asam ini juga mengandung antioksidan yang menjaga tubuh dari paparan radikal bebas. Konsumsi blueberry dan strawberry juga mampu mencegah kanker, menjaga kulit dari penuaan dini serta membuat tubuh lebih bugar.

4. Nanas

Nanas memiliki nilai pH 8,5 dan kaya akan vitamin A, B dan C serta antioksidan. Nutrisi pada nanas membantu mengatur oksigen dalam darah. Tak hanya itu, nanas juga tinggi air dan serat yang mampu menghidrasi tubuh sekaligus melancarkan sistem pencernaan.

Nanas juga penting untuk proses detoks tubuh. Manfaat lainnya yakni membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

5. Mangga

Mangga memiliki nilai pH 8,5. Buah mangga yang dikonsumsi secara rutin bisa membantu melancarkan sirkulasi oksigen dalam tubuh. Tak hanya itu, mangga segar juga membersihkan ginjal secara alami.

Vitamin dan serat dalam mangga juga membuat buah ini layak dikonsumsi setiap hari. Dalam sistem pencernaan, mangga memiliki sifat basa sehingga membantu menyehatkan lambung dan mengobati masalah dalam sistem pencernaan.

  • Bagikan