Hasil Sidang Komdis PSSI 18 Juli 2023: Arema FC Bebas, Asep Berlian Diskors 3 Laga

JAKARTA – PSSI merilis hasil rapat Komite Disiplin (Komdis) yang digelar Selasa (18/7/2023). Ada beberapa poin menarik, di antaranya skorsing tiga pertandingan pemain Dewa United Asep Berlian, sehingga Arema FC sepertinya tidak masuk daftar.

Ya, Arema FC tampaknya bebas dari sanksi setelah oknum suporternya terlibat kerusuhan dalam laga melawan Persik Kediri, Sabtu (15/7/2023). Bertempat di Stadion Brawijaya, oknum Kediri, Aremania menyusup ke dalam stadion.

Padahal regulasi jelas melarang suporter tamu berkunjung ke markas lawan. Akibatnya, kekacauan tidak bisa dihindari.

Sebaliknya, PSSI mendenda Bali United. Tim berjuluk Serdadu Tridatu didenda Rp 50 juta karena para pemainnya mendapat lima kartu kuning pada laga melawan Madura United.

Selain itu, ada nama Asep Berlian yang sudah melakukan tekel keras kepada pemain Persib Bandung, Rachmat Irianto, Jumat (14/7/2023) lalu. Pemain berusia 33 tahun itu divonis skorsing tiga pertandingan dan denda Rp 10 juta.

Manajer Dewa United Jan Olde Riekerink juga dihukum karena tidak mengenakan KTP saat pertandingan melawan Persib. Namun, hukuman yang diterima arsitek Belanda itu hanya berupa teguran keras.

Pemain Madura United Muhammad Tahir juga dihukum. Gelandang Madura United itu diskors dua pertandingan dan denda Rp. 10 juta karena mendapat kartu merah langsung setelah menyikut pemain Bali United.

Pemain lain yang mendapat penalti adalah kiper RANS Nusantara FC, Try Hamdani Goentara. Dia menerima hukuman yang sama seperti Tahir karena kartu merah langsung.