Arti Jerawat di Jidat, Mungkin Kamu Sedang Mengalami Masalah Ini

Jerawat atau acne merupakan masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat akibat penumpukan sel kulit dan minyak. Jerawat ditandai dengan adanya noda pada area tubuh salah satunya wajah. Dahi atau jidat merupakan area wajah yang sering muncul jerawat.

Selain menimbulkan rasa sakit, jerawat di dahi juga bisa menurunkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengetahui apa itu jerawat di dahi agar dapat diobati dengan tepat dan cepat. Temukan segera komentar secara detail di bawah ini.

Penyebab jerawat di dahi

Pentingnya munculnya jerawat di area dahi disebabkan meningkatnya produksi minyak dan sebum di dahi. Namun, beberapa faktor bisa menjadi pendorong peningkatan jumlah minyak. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat memicu hal tersebut:

perubahan hormon

Ketidakseimbangan hormon atau perubahan yang terjadi pada masa pubertas bisa menjadi salah satu faktor pemicu timbulnya jerawat di dahi. Ketidakseimbangan kadar hormon ini menyebabkan kelenjar sebaceous menjadi sangat aktif. Akibatnya produksi sebum di kulit akan meningkat secara berlebihan sehingga mudah menyumbat pori-pori.

Kondisi rambut dan produk yang digunakan

Dikutip dari jalur kesehatanRambut berminyak atau kotor merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat di area dahi. Karena minyak rambut bisa mengendap di dahi dan menyumbat pori-pori. Selain itu, kemungkinan besar jerawat Anda dipicu oleh produk penataan rambut yang sedang Anda gunakan.

Baca juga:  Konsumen di Indonesia Bikin Apple Mengalami Kenaikan Penjualan iPhone

Misalnya pomade berbahan dasar minyak, gel rambut, bahkan produk keras seperti wax. Semua produk penataan rambut ini biasanya mengandung bahan-bahan seperti minyak kelapa atau mentega kakao. Nah, bahan ini bisa membuat kulit kepala, kulit, dan rambut Anda sangat berminyak.

Penggunaan obat-obatan tertentu

Tidak hanya kondisi rambut dan produk yang digunakan, penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa mendukung munculnya jerawat di area dahi. Dikutip dari MedicalNewsTodayPenggunaan obat-obatan seperti antikonvulsan, barbiturat, lithium dan steroid adalah beberapa obat yang dapat memicu munculnya jerawat di dahi.

Oleh karena itu, jika dokter meresepkan beberapa jenis obat di atas, sebaiknya Anda waspada karena takut jerawat menjadi efek samping.

Iritasi dari riasan atau pakaian

Terjadinya iritasi jerawat makeup karena berbagai bahan kimia atau pakaian meningkatkan risiko munculnya jerawat di dahi. Risiko ini bisa hilang jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif.

Situasi ini dapat terjadi ketika Anda mencoba produk terbaru yang tidak berfungsi atau memakai topi yang dapat mengiritasi kulit di dahi Anda.

wajah yang sering disentuh

Memiliki kebiasaan sering menyentuh dahi dan wajah dengan tangan yang kotor dapat menyebabkan jerawat. Karena jari yang kotor tentu banyak bakteri, kuman dan minyak. Hal-hal tersebut dapat meningkatkan terjadinya infeksi kulit dan menimbulkan jerawat.

Tips mengobati jerawat di dahi

Selain menghindari hal-hal yang bisa menimbulkan jerawat, Anda juga bisa melakukan berbagai perawatan untuk menghilangkan jerawat di area dahi, seperti:

Baca juga:  Red Bull Racing sedang naik daun, persaingan F1 tengah ketat

1. Menggunakan bahan alami

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa ada beberapa bahan alami yang dapat membantu Anda menyembuhkan jerawat di dahi. Salah satunya adalah kayu manis dan madu.

Kedua bahan alami ini dikatakan mampu menyembuhkan peradangan dan menghilangkan jerawat di dahi karena memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan anti-inflamasi.

2. Gunakan obat topikal

Umumnya, obat topikal digunakan untuk mengobati jerawat ringan hingga sedang. Ada beberapa bahan obat oles yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat di dahi, seperti retinoid topikal, golongan antibiotik, benzoil peroksida, dan asam salisilat.

Meski sangat aktif dalam mengobati jerawat yang tidak separah ini, terkadang obat oles bisa menyebabkan iritasi kulit. Jadi, sebelum menggunakannya, coba dulu beberapa obat oles di wajah Anda untuk mengetahui apakah cocok atau tidak.

Jika Anda tidak ingin mengetahui jenis obat apa yang harus diobati, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan obat oles yang sesuai dengan jenis kulit wajah dan tingkat keparahan jerawat Anda. Sehingga saat menggunakannya Anda lebih tenang.

3. Konsumsi obat-obatan beralkohol

Tidak hanya menggunakan obat oles, ternyata jerawat di dahi dengan kondisi yang cukup parah dapat diatasi dengan mengonsumsi obat oral atau minum seperti vitamin A, retinol, antiradang dan antibiotik. Namun, penggunaan obat minum ini bersifat wajib berdasarkan anjuran dokter.

Baca juga:  Microsoft mungkin mempertimbangkan menarik Activision dari Inggris untuk menghindari keputusan CMA

4. Lakukan perawatan

Ada beberapa prosedur medis yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan jerawat di dahi. Beberapa di antaranya adalah ekstraksi komedo, suntikan kortikosteroid, fototerapi, chemical peeling jerawat, dan juga mikrodermabrasi wajah.

Biasakan juga untuk tidak menyentuh wajah atau memencet jerawat. Hal ini karena memencet jerawat dapat mengganggu proses penyembuhan jerawat, menimbulkan bekas jerawat, serta membuat jerawat meradang dan terinfeksi.

Untuk mencegah dan mengatasi munculnya jerawat di area dahi, sebaiknya jaga kebersihan kulit dan usahakan untuk menghindari segala hal yang dapat menyebabkan jerawat.

Agar jerawat tidak bertambah parah, sebaiknya jangan sembarangan menggunakan obat-obatan atau melakukan perawatan sembarangan sebelum berkonsultasi ke dokter.

Nah itulah pengertian jerawat di dahi yang harus anda ketahui untuk mengetahui cara mengobatinya dengan benar. Dengan membaca ulasan diatas, semoga sekarang anda tidak bingung lagi bagaimana cara mencegah dan mengatasi jerawat di dahi.

Dapatkan berbagai produk perawatan wajah untuk mengatasi jerawat di wajah hanya di Astro. Membeli perawatan wajah di Astro tidak perlu menunggu lama, dalam hitungan menit pesanan Anda sudah sampai di tempat tujuan. Yuk, cek kebutuhan kamu di aplikasi Astro sekarang!

Referensi:

Jarang diperhatikan, ini 5 penyebab jerawat di dahi

Penyebab jerawat yang muncul di dahi dan cara menghilangkannya

Sumber gambar: Shutterstock