Sehat  

7 Jenis Buah yang Bisa Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Paru-paru bisa sehat dengan rutin mengkonsumsi jenis buah-buahan tertentu, tentunya menjaga kesehatan paru-paru sangat penting, terutama bagi mereka yang merokok atau terpapar polusi.

Pentingnya menjaga kesehatan paru-paru itu penting, terutama menjaga kebersihan dan kesehatannya. Paru-paru bisa menjadi kotor bila terkena polusi udara yang kotor seperti asap rokok dan polusi udara.

Manfaat diet seimbang dengan menyediakan nutrisi, vitamin, dan mineral, yang dapat dengan mudah dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan. Sehingga Anda dapat melindungi kesehatan paru-paru Anda dan mengurangi risiko atau gejala penyakit paru-paru seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Menurut berbagai sumber, berikut daftar macam-macam buah yang bisa membersihkan paru-paru:

Jenis buah-buahan yang dapat menjaga kesehatan paru-paru

1. Apel

Buah Menjaga Kesehatan Paru-paru
Buah Menjaga Kesehatan Paru-paru

Makan apel secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru, menurut beberapa penelitian. Ini menunjukkan bahwa apel mungkin terkait dengan penurunan fungsi paru-paru yang lebih lambat pada mantan perokok.

Mengkonsumsi lima buah apel atau lebih dalam seminggu dapat meningkatkan fungsi paru-paru yang lebih baik dan mengurangi risiko PPOK.

Baca juga:  Banyak yang Pangling Loh, Lihat Angga Yunanda

Buah ini juga dapat mengurangi risiko asma dan kanker paru-paru. Ini karena tingginya konsentrasi antioksidan dalam apel, termasuk flavonoid dan vitamin C.

2. Labu Kuning

Buah Menjaga Kesehatan Paru-paru

Bubur kuning cerah dari buah ini memiliki senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan paru-paru. Senyawa yang terkandung dalam zat ini kaya akan karotenoid, antara lain betakaroten, lutein dan zeaxanthin yang semuanya memiliki sifat antioksidan yang tinggi.

3. Tomat

Buah Menjaga Kesehatan Paru-paru

Buah merah ini merupakan salah satu buah yang memiliki sumber lycopene, antioksidan karotenoid yang dikaitkan dengan mampu meningkatkan kesehatan paru-paru. Mengkonsumsi tomat dapat membantu penderita asma dengan cara mengurangi peradangan pada saluran pernafasan dan memperbaiki fungsi paru-paru itu sendiri.

4. Berry

Seperti halnya blueberry, stroberi. Blackberry, jenis ini memiliki nutrisi yang melimpah. Mereka mungkin terkait dengan manfaat kesehatan yang dapat menjaga dan melindungi fungsi paru-paru. Buah kaya antioksidan, malvidin, cyanidin, peonidin, delphinidin dan petunidin.

Kandungan pigmen yang kuat pada buah ini dapat melindungi jaringan paru-paru dari kerusakan oksidatif. Dalam sebuah penelitian terhadap 839 veteran, makan lebih banyak porsi per minggu ditemukan memperlambat penurunan fungsi paru-paru hingga 38% dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah makan blueberry.

Baca juga:  3 Ide Menu Sarapan yang Mudah dan Murah

5. Jeruk

Mengkonsumsi buah ini seperti mengkonsumsi lemon, limau dan jeruk. Mereka memiliki kesamaan manfaat besar detoksifikasi paru-paru.

Buah jenis ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga dapat melindungi paru-paru dari penyakit asma dan juga dari kerusakan akibat radikal bebas seperti merokok dan polusi udara.

6. Nanas

Nutrisi yang penting untuk masuk ke dalam tubuh, seperti vitamin C, potasium dan magnesium, akan terdapat pada buah nanas. Buah ini mengandung mangan yang dapat direkomendasikan untuk kesehatan tulang dan mineral dalam tubuh.

7. Anggur

Bagi mantan perokok, anggur juga bisa menjadi pilihan untuk membersihkan paru-paru. Hal ini dikarenakan buah anggur memiliki kandungan vitamin yang dapat mencegah penyakit pada tubuh. Kandungan mineral dan vitaminnya sangat dibutuhkan oleh tubuh.


Menjaga kesehatan paru-paru sangat penting untuk mencegah berbagai penyakit pernapasan yang dapat mengancam kesehatan tubuh. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan paru-paru.

Beberapa buah seperti apel, blueberry, tomat, limau, delima, mangga dan pepaya dapat membantu memperbaiki kerusakan paru-paru dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga:  Bukan Hanya Enak, Tapi Karena Logonya Yang Berkesan

Meski begitu, konsumsi buah tidak boleh hanya dijadikan sebagai satu-satunya cara untuk menjaga kesehatan paru-paru. Anda juga perlu memperhatikan faktor lain seperti pola makan yang sehat, olahraga teratur serta menghindari paparan bahan kimia berbahaya dan polusi.

Dengan memperhatikan semua hal tersebut, Anda dapat menjaga kesehatan paru-paru dan tubuh Anda secara keseluruhan.


Nantikan artikel Gangguan lainnya untuk informasi terkait dunia lainnya dan banyak lagi! Anda juga bisa mendapatkan informasi penting lainnya dari Facebook Digstraction resmi