5 Fakta Lisa Rumbewas, Satu-satunya Lifter Putri Indonesia yang Raih 3 Medali Olimpiade : Okezone Sports

5 fakta Lisa Rumbewas, satu-satunya lifter putri Indonesia yang raih 3 medali Olimpiade menarik dikulik. Sebab, dia telah berjasa besar membawa harum nama Indonesia lewat prestasi manis yang diukirnya.

Ya, Lisa Rumbewas merupakan salah satu lifter kebanggaan Indonesia. Lifter yang lahir di Jayapura, pada 10 September 1980 ini pernah berjaya di tiga medali di ajang Olimpiade.

Kini, mari menilik bersama serba-serbi soal Lisa Rumbewas. Berikut Okezone rangkum dari berbagai sumber soal 5 fakta Lisa Rumbewas, satu-satunya lifter putri Indonesia yang raih 3 medali Olimpiade.

5. Debut Olimpiade

Lisa Rumbewas

Salah satu fakta Lisa Rumbewas, satu-satunya lifter putri Indonesia yang raih 3 medali Olimpiade yakni soal debutnya di ajang Olimpiade. Diketahui, atlet yang satu ini pertama kali mengikuti ajang Olimpiade pada 2000.

Lisa Rumbewas pun langsung tampil apik dalam keikutsertaannya di Olimpiade 2000 yang digelar di Sydney itu. Turun di nomer 48 kg putri, Lisa sebenarnya meraih medali perunggu.

Baca juga:  Ducati Sports Bike ini sekarang sudah tersedia di PUBG Mobile

Hanya saja, peraih medali perak dinyatakan positif doping. Alhasil, Lisa Rumbewas langsung dipastikan meraih medali perak.

4. Tiga Kali Ikut Olimpiade

Lisa Rumbewas

Lisa Rumbewas total mengikuti Olimpiade sebanyak 3 kali di sepanjang kariernya di cabang olahraga angkat besi. Selain di Olimpiade 2000, atlet dengan nama lengkap Raema Lisa Rumbewas itu juga tampil di Olimpiade Athena 2004 dan juga Olimpiade Beijing 2008.

Di seluruh keikutsertaannya di ajang Olimpiade, Lisa Rumbewas selalu berhasil membawa pulang medali. Usai meraih medali perak di Olimpiade Beijing 2000, dia juga meraih pencapaian yang sama di Olimpiade Athena 2004. Kala itu, dia turun di kelas 53 kg grup A.

Lalu, di Olimpiade Beijing 2008, Lisa Rumbewas gagal meraih medali perak. Dia meraih medali perunggu. Meski begitu, pencapaian yang diukirnya tetap luar biasa.

Baca juga:  Infinix Zero 5G 2023 Sudah Resmi Hadir di Indonesia, Harganya?


Follow Berita Okezone di Google News


3. Darah Atlet Mengalir dari Orangtua

Lisa Rumbewas

Darah atlet mengalir dari orangtua Lisa Rumbewas. Diketahui, ayah dan ibunda Lisa Rumbewas sama-sama merupakan seorang atlet.

Ayah Lisa Rumbewas bernama Levi Rumbewas. Dia pun diketahui merupakan mantan binaragawan terbaik Indonesia.

Sementara itu, ibu kandung Lisa Rumbewas bernama Ida Korwa. Dia juga merupakan atlet angkat besi. Sang ibu bahkan turut melatih Lisa Rumbewas hingga bisa meraih prestasi luar biasa.

2. Kini Lebih Disibukkan untuk Melatih

Angkat Besi

Lisa Rumbewas diketahui sudah pensiun menjadi atlet angkat besi. Dia pun kini lebih disibukkan menjadi melatih.

Lisa Rumbewas pun turut disibukkan kala gelaran PON digelar di Papua pada 2021. Lewat tangan dinginnya, tentu saja diharapkan bisa lahir atlet-atlet nasional berbakat sepertinya.

1. Prestasi Lain dari Lisa Rumbewas

Lisa Rumbewas

Prestasi Lisa Rumbewas bukan hanya diukir di ajang Olimpiade saja. Lifter asal Jayapura ini juga berhasil meraih sejumlah prestasi manis di ajang lain.

Baca juga:  Hanya Todd Howard yang diizinkan untuk "berbicara di depan umum tentang detail Starfield yang belum dirilis".

Salah satunya di ajang SEA Games 2001. Kala itu, Lisa Rumbewas berhasil merebut medali perak. Selain itu, dia juga meraih medali perak di Kejuaraan Angkat Besi Dunia pada 2006. Kala itu, dia berlaga di kelas 53 kg.

Pada ajang Asian Games 2002, Lisa Rumbewas juga sukses bersinar. Dia meraih medali perunggu di kelas 48 kg.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.