Sebanyak 24 atlet Kontingen NPCI Pangandaran siap bertarung di ajang Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) VI Jawa Barat 2022 yang akan diselenggarakan di Kabupaten Bekasi.

Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Pangandaran Wahyu Hidayah mengatakan, ada 24 atlet dari 6 cabang olahraga (cabor) yang diikutsertakan pada Peparda tahun 2022.

“Cabor Bulutangkis, Renang, Catur, Tenis Meja, Atletik yang terdiri dari Lempar, Loncat dan Lari serta Angkat Berat. Target kami meraih 8 emas dalam Paperda kali ini,” kata Wahyu, Jumat 18 November 2022.

Wahyu menuturkan, cabor yang diunggulkan dalam Peparda VI adalah atletik dari nomor lempar dan cabor renang. Tenis meja dan lainnya ditargetkan perak serta perunggu.

“Persiapan sudah dilaksanakan sejak tiga bulan lalu. Yang lebih intensifnya dilakukan selama dua bulan. Kemudian dalam satu bulan, intensitas latihan hampir setiap hari,” tuturnya.

Wahyu menyebutkan, pada Peparda sebelumnya Pangandaran tidak mendapatkan emas. Melainkan hanya meraih medali perak dan perunggu.

“Semoga saja tahun ini bisa memecahkan rekor. NPCI Pangandaran memang baru seumur jagung, tapi tidak jadi hambatan bagi kami untuk menorehkan prestasi yang baik,” sebutnya.

Sementara itu, atlet bulutangkis Ahmad Poniman (38) tampak semangat berlatih untuk mengikuti Peparda VI. Dirinya merupakan penyandang disabilitas tuna daksa.

“Target saya medali perunggu. Soalnya dari klasifikasinya juga untuk pelatnas sudah pada turun. Jadi targetnya tidak muluk-muluk,” ucap Poniman.

Poniman menambahkan, di tahun 2018 sempat mendapatkan medali perunggu di kelas bulutangkis dobel. Pada Peparda kali ini dirinya akan mengikuti kelas single, dobel dan beregu.

“Untuk persiapan saya yakin 70%, tinggal kekompakannya saja. Setiap hari kita latihan terus, sehari kita dua kali latihan,” tambahnya.

Pantauan di lapangan, beberapa atlet dari 6 cabor yang diikutsertakan pada Peparda VI Jabar melakukan latihan di beberapa tempat.

Para atlet tampak semangat berlatih dan siap membawa nama baik Kabupaten Pangandaran.

Berikut 24 atlet Kontingen NPCI Pangandaran siap bertarung di ajang Pekan Paralimpik Daerah atau Peparda VI Jawa Barat :

1. Wahyu Hidayah tuna daksa UP 5 bulutangkis single double beregu

2. Kemal Fariz Farzan tuna rungu wicara bulutangkis single

3. Topan Maulana tuna daksa SL 4 bulutangkis single double beregu

4. Ahmad Alit Sehabudin tuna daksa SL 4 bulutangkis single double beregu

5. Ahmad Poniman tuna daksa UP 5 bulutangkis single double beregu

6. Nanang Koswara tuna daksa T 8 tenis meja single mix double beregu

7. Imas Yuniar tuna daksa T 9 tenis meja single mix double

8. Andri Kusdiana tuna daksa T 8 tenis meja single double beregu

9. Kustiwan tuna rungu wicara T/F + 54 Atletik 100 M 200 M

10. Abdul Holiq Solihin tuna rungu wicara T/F + 54 Atletik 400 M 800 M

11. Suhartini tuna daksa T/F42 Atletik tolak peluru lempar lembing, lempar cakram

12. Tya Rahayu tuna grahita T/F 20 Atletik lompat jauh lompat tinggi lompat jangkit

13. Ayi Firmansyah tuna netra 50 Kg angkat berat deadlift squat bench pres

14. Munasir tuna daksa 60 Kg angkat berat benchpress .

15. Dede Suherli tuna rungu wicara 53 Kg angkat berat beadlift squat bench pres

16. Wahyu H tuna daksa 62 Kg angkat berat benchpress

17. Usniah Cebol 42 Kg angkat berat benchpress

18. Darto Cebol S 6 renang 50 meter (Gaya Bebas) 50 meter (Gaya Dada) 50 meter (Gaya Punggung) 50 meter (Gaya Kupu-kupu)

19. Tiara Salsabillah tuna daksa S 8 renang 50 Mlmeter (Gaya Bebas) 50 meter (Gaya Dada) 50 meter (Gaya Punggung) 50 meter (Gaya Kupu-kupu)

20. Aryo Suganda tuna rungu wicara S 15 Renang 50 meter (Gaya Bebas) 50 meter (Gaya Dada) 50 meter (Gaya Punggung) 50 meter (Gaya Kupu-kupu)

21. Alip Setiawan tuna rungu wicara S 15 Renang 50 meter (Gaya Bebas) 50 meter (Gaya Dada) 50 meter (Gaya Punggung) 50 meter (Gaya Kupu-kupu)

22. Krisna Aji tuna netra catur standar cepat

23. Muhamad Agung tuna daksa catur standar cepat

24. Verdi Febrian Rusmiadi tuna daksa catur standar cepat .