AHY Ungkap Partai KIM Bakal Berkumpul Usai Pemberitahuan Resmi Pemenang Pilpres 2024

AHY Ungkap Partai KIM Bakal Berkumpul Usai Pemberitahuan Resmi Pemenang Pilpres 2024

SEPUTARPANGANDARAN.COM, TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY mengungkapkan partai yang mana tergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM) diagendakan kembali berkumpul usai proses pengumuman resmi pemenang pemilihan presiden kemudian delegasi presiden atau Pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Diketahui, pada 20 Maret 2024 KPU dijadwalkan mengumumkan secara resmi perolehan pernyataan dari penyelenggaraan Pilpres 2024. Proses rekapitulasi pernyataan ketika ini masih berlangsung di dalam KPU.

Adapun rencana pertemuan itu, kata AHY, untuk mengeksplorasi langkah-langkah menuju proses pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan juga Wakil Presiden 2024-2029.

“Maka tentu langkah pertama koalisi Indonesia Maju akan segera bertemu dan juga kami akan mengkaji langkah-langkah menuju ke 20 Oktober 2024,” ucap AHY usai hadir di rapat di dalam Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 13 Maret 2024.

Dalam pertemuan itu, kata AHY, juga akan dibahas strategi transisi Kepala Negara yang mana baik, juga menyiapkan pemerintahan yang digunakan berkualitas juga kapabilitas sesuai visi juga misi pasangan calon nomor urut dua itu selama berkampanye.

Baca juga:  Respons Gibran persoalan Bobby Nasution Resmi Dipecat PDIP

“Sehingga program-program, kebijakan-kebijakan Presiden Joko Widodo hari ini, segala yang digunakan sudah ada baik, mampu kita kawal serta lanjutkan ke depan,” tuturnya.

Mengenai KIM, AHY mengungkapkan harus meningkatkan kekuatan sikap dalam tataran eksekutif kemudian legislatif untuk mengawal pemerintahan Prabowo-Gibran.

“Saya menyampaikan terhadap Pak Prabowo serta tentu akan saya komunikasikan kembali, Pak Prabowo adalah pemimpin koalisi, jadi beliau tentunya memiliki hak serta kewajiban secara moral untuk memikirkan koalisi kita hari ini serta ke depan,” kata AHY.

Ia menyatakan Demokrat memahami lalu menghormati kebijakan Prabowo pada menilai peta kekuatan koalisi dalam tataran pemerintahan maupun di dalam parlemen berdasarkan indikator tertentu.

“Atau beliau memiliki pandangan yang lain. Tetapi beliau terus-menerus meminta kami berbicara bersama, saya bukan ingin menyampaikannya di area sini, ada berbagai faktor tentunya,” kata beliau ketika ditanya perihal harapan Demokrat di dalam tempat kabinet 2024-2029.

Selain menjamin kekuatan di dalam eksekutif, kata AHY, Demokrat juga berpandangan agar seluruh kebijakan KIM berjalan stabil agar seluruh inisiatif kerja yang pro terhadap rakyat memperoleh dukungan parlemen.

Baca juga:  Soroti Janji Food Estate Prabowo Subianto lalu Gibran Rakabuming, Greenpeace Singgung Soal Deforestasi 700 Hektare

Selanjutnya: Letak Demokrat dalam kabinet Prabowo-Gibran

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya

Sumber tempo