Layanan IGD di RSUD Pandega Pangandaran Tetap Buka saat Libur Lebaran 2024

SEPUTARPANGANDARAN.COM, PANGANDARAN – RSUD Pandega Pangandaran pada saat libur lebaran 2024 mendatang tetap buka untuk melayani masyarakat dan wisatawan yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Begitu juga disiapkan posko-posko oleh Dinas Kesehatan, pasalnya pada momen libur panjang objek wisata di Kabupaten Pangandaran selalu dipadati oleh para pengunjung.

Direktur RSUD Pandega dr. Hj Titi Sutiamah MM, mengatakan pada intinya rumah sakit siap menerima rujukan bagi masyarakat baik dari masyarakat Pangandaran maupun luar daerah, contohnya para pengunjung.

“Pasien ini bisa melalui BPJS Kesehatan atau umum,” kata Titi Sutiamah, Senin, 1 April 2024.

Menurutnya pada libur panjang lebaran mendatang pengunjung yang mengalami kecelakaan laut di objek wisata pantai bisa dengan bukti tiket masuk ke objek wisata berikut asuransi dan dapat pelayanan kesehatan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) di RSUD Pandega Pangandaran.

“Pengunjung bisa berobat gratis,syaratnya ada tiket masuk ke obyek wisata,nanti klaimnya dari asuransi melalui Dinas Pariwisata,” tuturnya.

Selanjutnya untuk layanan Poliklinik di RSUD Pandega tutup selama libur lebaran, dan rumah sakit hanya melayani di IGD yang buka 24 jam.

Baca juga:  Pemkab Pangandaran Raih Penghargaan Best Starter Survei Indeks BerAKHLAK dari KemenPANRB

Untuk dokter IGD melayani 24 jam selama libur lebaran, kalau dokter spesialis hanya menerima konsultasi seperti pasien penderita sakit dalam seperti DBD dan mendapat perawatan, demam, kecuali dokter operasi, mereka akan datang ke rumah sakit.

“Contoh bila ada pasien yang tiba-tiba mau melahirkan, otomatis dokter operasi akan datang ke rumah sakit untuk melakukan operasi,” lanjutnya.

Dirinya menambahkan untuk kasus kecelakaan lalu lintas yang mengalami patah tulang, RSUD Pandega hanya melakukan pertolongan pertama dan dirujuk ke rumah sakit yang memiliki layanan ortopedi.

“Khusus kasus kecelakaan lalu lintas yang bisa ditangani oleh dokter bedah umum, itu bisa dirujuk dan ditangani di RSUD Pandega,” tegas Titi.***