Inilah 5 Cara Mengetahui Ciri-Ciri Telur yang Baik dan Berkualitas!

Ciri-Ciri Telur yang Baik

Telur adalah salah satu bahan makanan yang paling sering dikonsumsi di seluruh dunia. Selain mudah didapatkan dan dimasak, telur juga kaya akan nutrisi penting untuk tubuh. Namun, kamu perlu memastikan bahwa kamu memilih telur yang baik untuk mendapatkan manfaat nutrisi yang optimal. Berikut adalah beberapa ciri-ciri telur yang baik dan kandungan nutrisi penting yang terdapat di dalamnya.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang ciri-ciri dan kandungan nutrisi dari telur yang baik, mari kita mengenal lebih dalam tentang telur. Telur sendiri sebenarnya merupakan struktur biologis yang dihasilkan oleh hewan betina sebagai tempat berkembang biak untuk embrio. Namun, telur juga sering digunakan sebagai bahan makanan oleh manusia karena kaya akan nutrisi penting seperti protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

Sejarah manusia dan telur sudah saling terkait sejak zaman purba. Manusia zaman dahulu mengumpulkan telur dari burung liar untuk dimakan. Seiring waktu, manusia mulai memelihara ayam untuk mendapatkan telur dengan lebih mudah. Hingga saat ini, telur adalah salah satu bahan makanan yang paling populer di seluruh dunia.

Ciri-Ciri Telur yang Baik dan Segar

Agar kamu bisa mendapatkan manfaat nutrisi optimal dari telur, kamu perlu memilih telur yang baik. Berikut adalah beberapa ciri-ciri telur yang baik yang harus kamu ketahui.

1. Kualitas Cangkang Telur

Kualitas cangkang telur merupakan faktor yang penting untuk menentukan kualitas telur. Cangkang telur yang baik haruslah bersih, kokoh, dan tidak retak. Kamu juga harus memastikan bahwa cangkang telur tidak memiliki noda atau kotoran yang menempel karena dapat mengandung bakteri berbahaya.

Baca juga:  911 Turbo yang ditukar dengan Honda K24 ini adalah mimpi buruk para pemurni Porsche

2. Warna dan Kejernihan Kuning Telur

Warna kuning telur dapat menjadi petunjuk tentang kesehatan dan kualitas dari ayam yang menghasilkan telur tersebut. Kuning telur yang berwarna cerah menunjukkan bahwa ayam tersebut sehat dan mendapatkan nutrisi yang cukup.

Selain itu, kejernihan kuning telur juga menandakan kualitas telur yang baik. Kuning telur yang keruh atau tidak jernih dapat menunjukkan bahwa telur tersebut sudah lama disimpan atau sudah tidak segar lagi.

3. Konsistensi Putih Telur

Konsistensi putih telur juga dapat menunjukkan kualitas telur. Putih telur yang berkualitas baik akan mudah mengeras dan tidak terlalu encer. Sebaliknya, putih telur yang cair atau terlalu kental dapat menunjukkan bahwa telur tersebut sudah tidak segar lagi.

4. Tanggal Kadaluwarsa Telur

Tanggal kadaluwarsa telur merupakan informasi penting yang harus kamu perhatikan ketika memilih telur. Pastikan bahwa tanggal kadaluwarsa telur masih jauh agar kamu bisa memastikan bahwa telur masih segar dan aman untuk dikonsumsi.

5. Ukuran Telur

Ukuran telur juga dapat menjadi faktor yang menentukan kualitas telur. Telur yang ukurannya terlalu besar atau terlalu kecil dapat menunjukkan bahwa ayam yang menghasilkan telur tersebut tidak sehat atau menerima nutrisi yang tidak cukup.

Cara Memilah Telur yang Masih Bagus dan Berkualitas

Sekarang kamu sudah mengetahui ciri-ciri telur yang baik. Namun, bagaimana cara memilih telur yang baik? Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan.

Baca juga:  Presiden LaLiga Spanyol Javier Tebas Bicara Perbedaan Liga Spanyol dan Liga Primer Inggris

1. Inspeksi Visual

Kamu bisa melakukan inspeksi visual pada telur yang ingin kamu beli. Perhatikan cangkang telur apakah bersih, kokoh, dan tidak retak. Selain itu, kamu juga bisa memeriksa warna kuning telur dan konsistensi putih telur.

2. Cek Tanggal Kadaluwarsa Telur

Kamu juga bisa memeriksa tanggal kadaluwarsa telur untuk memastikan bahwa telur masih segar. Biasanya tanggal kadaluwarsa telur terdapat pada bagian karton telur atau pada cangkang telur. Pastikan tanggal kadaluwarsa masih jauh agar kamu bisa memastikan bahwa telur masih segar.

Kandungan Nutrisi dari Telur yang Baik untuk Tubuh

Selain kaya akan nutrisi penting seperti protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral, telur juga mengandung nutrisi penting lainnya yang baik untuk tubuh. Dilansir dari situs Helathline, berikut adalah beberapa kandungan nutrisi baik yang bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi telur:

1. Protein

Telur mengandung protein yang sangat baik untuk tubuh. Satu butir telur ditaksir memiliki kandungan protein sekitar 6,4gram. Protein dari telur sangat mudah dicerna oleh tubuh dan membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

2. Lemak Sehat

Telur juga mengandung lemak sehat seperti omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan otak.

3. Kolesterol

Telur sendiri memiliki kandungan kolesterol . Namun, kolesterol dari telur tidak selalu buruk bagi tubuh karena telur juga mengandung fosfolipid yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Vitamin dan Mineral Penting

Telur juga mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin B12, vitamin D, zat besi, dan selenium yang penting untuk tubuh. Vitamin B12 membantu menjaga kesehatan saraf dan produksi sel darah merah, sedangkan vitamin D sangat baik untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Zat besi sangat penting untuk kesehatan sel darah merah dan mencegah anemia, sedangkan selenium membantu menjaga kesehatan tiroid dan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga:  Kebiasaan Merokok, Obesitas dan Polusi Udara Tingkatkan Risiko Demensia

5. Lutein dan Zeaxanthin

Telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua jenis antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan mata. Antioksidan ini membantu mencegah kerusakan pada retina dan mengurangi risiko terjadinya degenerasi makula.

6. Kolin

Telur juga mengandung kolin, suatu jenis nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan otak dan sistem saraf. Kolin membantu meningkatkan fungsi kognitif, memori, dan konsentrasi.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui ciri-ciri telur yang baik dan pentingnya mengkonsumsi telur berkualitas untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal. Tentunya, untuk mendapatkan telur berkualitas, kamu memerlukan akses ke tempat yang menjual telur berkualitas, bukan?

Nah, jangan khawatir, sekarang kamu bisa berbelanja kebutuhan harianmu dengan mudah, cepat, dan tanpa ribet melalui aplikasi Astro. Kamu bisa memilih berbagai macam produk berkualitas, termasuk telur berkualitas, dengan mudah dan cepat hanya dengan beberapa klik di smartphone-mu.

Jangan sampai ketinggalan, yuk segera download aplikasi Astro sekarang juga dan nikmati kemudahan berbelanja kebutuhan harianmu dengan cepat dan tanpa ribet. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat untuk kamu!