Dari Stroopwafel hingga Bitterballen: 10 Makanan Khas Belanda yang Tidak Boleh Dilewatkan

Makanan Khas Belanda

Belanda tidak hanya dikenal dengan sejarah dan pemandangan alamnya yang indah, tetapi juga dengan makanan khasnya yang unik dan lezat. Kamu mungkin sudah pernah mencoba beberapa makanan khas Belanda seperti Stroopwafel, tapi tahukah kamu tentang makanan khas lainnya yang tak kalah lezat? Artikel ini akan membahas 10 makanan khas Belanda yang wajib kamu coba.

Sejarah Makanan Khas Belanda

Sebagian besar makanan khas Belanda berasal dari masa lalu yang panjang dan memiliki pengaruh budaya yang kuat. Belanda pernah menjadi pusat perdagangan rempah-rempah dan banyak bahan makanan yang diimpor ke Belanda pada saat itu. Pada saat itu, makanan yang murah dan mudah disiapkan seperti kentang, sayuran, dan ikan menjadi makanan sehari-hari rakyat Belanda. Pengaruh budaya dan sejarah ini tercermin dalam makanan khas Belanda yang ada sekarang.

Baca Juga: Makanan Khas Daerah tiap Provinsi di Indonesia Serta Daerah Asalnya

10 Makanan Khas Belanda yang Wajib Kamu Coba

1. Stroopwafel

stroopwafel makanan khas belanda

Stroopwafel adalah makanan ringan yang terdiri dari dua lapisan kue tipis yang diisi dengan sirup stroop. Secara tampilan, mungkin nampak seperti waffle pada umumnya. Makanan ini populer di seluruh Belanda dan kini menjadi makanan penutup favorit di seluruh dunia.

Baca juga:  Anda bisa mendapatkan mata uang premium Diablo 4 di battle pass, tetapi tidak cukup untuk membeli yang berikutnya

2. Bitterballen

bitterballen makanan khas belanda

Bitterballen adalah bola-bola daging cincang yang digoreng yang biasanya disajikan sebagai camilan. Kata “bitter” disini bukan berarti rasanya pahit, akan tetapi mengacu pada minuman alkohol khas Belanda yang disebut Dutch gin (jenever) yang dulu sering disajikan dengan bitterballen. Di Belanda sendiri, bitterballen sering dinikmati bersama bir.

3. Kroket

kroket makanan khas belanda

Makanan khas belanda berikutnya adalah Kroket. Kroket adalah makanan yang terbuat dari daging atau ragout ayam yang diisi dalam adonan roti yang digoreng. Kombinasi antara isian yang creamy dan teksturnya yang renyah menjadikan makanan ini cocok sebagai teman minuman yang nikmat.

4. Haring

haring makanan khas belanda

Nah, makanan khas Belanda yang ini unik banget! Haring adalah ikan segar yang dipotong-potong dan disajikan dengan bawang dan saus mustard. Makanan ini biasanya disajikan sebagai camilan atau makanan ringan.

5. Poffertjes

Poffertjes makanan khas belanda

Makanan khas Belanda ini pasti kalian udah kenal, kan? Poffertjes adalah pancake kecil yang biasanya disajikan dengan gula bubuk dan mentega. Makanan ini populer di seluruh Belanda karena cita rasanya yang lembut dan kenyal.

Baca Juga: 9 Makanan Khas yang Bisa Kamu Coba Saat Mengunjungi Kota Depok

6. Oliebollen

Oliebollen makanan khas belanda

Kalau Bitterballen hidangan gurih, Oliebollen versi manisnya! Oliebollen adalah bola adonan yang digoreng dan biasanya disajikan dengan gula bubuk. Makanan ini sering disajikan pada musim dingin dan merupakan salah satu hidangan tradisional Natal di Belanda.

Baca juga:  Gibran, Eri, Hingga Bobby Sampaikan Rekomendasi Pemenangan Pileg dan Pilpres di 2024

7. Hutspot

hutspot makanan khas belanda

Hutspot adalah makanan khas Belanda yang terbuat dari kentang, wortel, dan bawang yang dimasak dan dihancurkan. Makanan ini biasanya disajikan dengan daging atau sosis. Hutspot, hochepot, atau hotchpotch, merupakan hidangan rumahan asli dari Belanda, sehingga mungkin itulah yang membuat namanya kurang dikenal di kalangan orang di luar Belanda.

8. Snert

snert makanan khas belanda

Snert adalah makanan khas Belanda yang berbentuk sup kental yang terbuat dari kacang polong, daging babi, dan sayuran seperti wortel dan seledri. Makanan ini populer di musim dingin dan sering disajikan sebagai hidangan utama.

9. Speculaas

speculaas makanan khas belanda

Speculaas adalah kue Belanda yang terbuat dari rempah-rempah seperti kayu manis dan cengkeh. Kue ini biasanya disajikan pada musim dingin dan sering disajikan bersama dengan kopi atau teh.

10. Drop

drop makanan khas belanda

Drop adalah permen Belanda yang terbuat dari akar licorice. Permen ini memiliki rasa yang unik dan berbeda dari permen yang biasa kamu temui. Biasanya, pembuatan permen drop di Belanda menggunakan campuran bahan lain seperti menthol dan daun salam (bay leaf) untuk menciptakan rasa yang agak asin dan minty.

Baca juga:  Resmi! Marco Asensio Gabung PSG Kontrak Hingga 2026

Nah, itulah beberapa makanan khas Belanda yang harus kamu coba ketika kamu berkunjung ke Belanda atau mencoba masakan Belanda di rumah. Kamu pasti ingin mencobanya, kan?

Baca Juga: 9 Makanan Khas yang Bisa Kamu Coba Saat Mengunjungi Kota Depok

Tapi tunggu dulu, bagaimana dengan kebutuhan harian kamu? Kini kamu bisa berbelanja kebutuhan harian dengan mudah, cepat, dan tanpa ribet melalui aplikasi Astro. Mulai dari bahan makanan hingga kebutuhan sehari-hari, Astro memiliki semua yang kamu butuhkan.

Kamu tidak perlu repot lagi ke supermarket atau pasar tradisional yang ramai dan melelahkan. Sekarang kamu bisa belanja dengan mudah dan hemat waktu melalui aplikasi Astro yang user-friendly. Dapatkan pengalaman berbelanja yang nyaman dan aman.

Jadi tunggu apa lagi, download aplikasi Astro sekarang juga dan nikmati kemudahan berbelanja untuk kebutuhan harian kamu. Kamu tidak akan menyesal dan pasti akan kembali lagi untuk berbelanja di Astro. Yuk, download sekarang dan rasakan sendiri kenyamanannya!