Proses Terjadinya Angin Muson Timur di Negara Indonesia

  • Bagikan
proses terjadinya angin muson timur
www.kompas.com

Proses terjadinya angin muson timur yang perlu kalian ketahui. Bagaimana proses dan dampaknya angin muson timur. Di artikel ini akan saya jelaskan dengan detail. Angin muson timur yaitu angin yang jenisnya berhembus di negara Indonesia pada bulan April hingga Oktober. Karena adanya perbedaan tekanan udara yang mencolok ke daratan dan samudra.

proses terjadinya angin muson timur
www.kompas.com

Simak Proses Terjadinya Angin Muson Timur

Sebelum menjelaskan proses terjadinya angin muson timur, saya akan menjelaskan apa itu angin muson timur?

Angin muson timur akan mulai berhembus pada bulan April dan Oktober. Sifat angin muson timur bersifat kering, sehingga akan menyebabkan Indonesia mengalami musim kemarau.

Angin muson timur yang berhembus dari benua Australia pada saat musim dingin. Sedangkan yang dialami benua Asia yaitu musim panas. Angin tersebut akan melewati gurun pasir di bagian utara yang gersang serta melewati lautan yang sempit.

Kedudukan Matahari pada Belahan Bumi Utara

Proses terjadinya angin muson timur yang pertama yaitu kedudukan matahari yang berada dibelahan bumi utara. Planet bumi tersebut akan melakukan gerakan rotasi dan revolusi dengan mengelilingi matahari. Sehingga kedudukan matahari dengan bumi akan berbeda-beda periodenya.

Baca juga:  Bulan Purnama Strawberry Mencapai Puncaknya Hari ini, Ini Informasinya

Pada bulan April hingga Oktober matahari akan berjumpa dengan bumi yang saling berdekatan. Terlebih lagi dengan belahan bumi bagian utara, sehingga benua Asia akan banyak mendapatkan cahaya matahari yang lebih panas. Berbeda dengan benua Australia.

Tekanan Maksimum Benua Australia dan Tekanan Minimum Benua Asia

Benua Asia akan mendapatkan cahaya matahari yang maksimal, maka suhu benua Asia akan lebih tinggi daripada benua Australia. Terjadinya angin muson timur biasanya daerah yang suhunya tinggi yang akan mempunyai tekanan udara rendah.

Pergerakan Udara

Angin muson timur yang terakhir adalah terjadinya pergerakan udara. Pergerakan udara akan bergerak dari tempat yang mempunyai tekanan tinggi dan ke tekanan yang rendah.

  • Bagikan