Viral! Awan Berbentuk UFO Tiba-tiba Muncul di Langit Bursa, Turki

Sebuah awan yang bentuknya menyerupai Unidentified Flying Object (UFO) tiba-tiba muncul di langit Bursa, Turki. Fenomena langka ini pun diabadikan oleh masyarakat setempat dan viral di dunia maya.

Dikutip dari The Guardian, awan tersebut dikenal sebagai lenticular dan bentuknya tetap utuh selama kurang lebih 1 jam. Karena dinilai unik, banyak warga sekitar yang mengabadikan momen tersebut menggunakan kamera smartphone-nya.

Hingga hari Rabu (25/1/2023), video dan gambar awan yang bentuknya tak lazim itu telah menyebar ke seluruh dunia. Ratusan pengguna media sosial mengatakan bahwa awan tersebut terlihat seperti UFO.

Namun, pihak Meteorological Serviced menegaskan bahwa fenomena itu adalah lenticular cloud dan tidak ada sangkut pautnya dengan UFO maupun alien.

Awan lenticular dikenal memiliki bentuk yang melengkung atau bulat, persis seperti piring terbang. Awan jenis itu biasanya ditemukan di dataran dengan ketinggian antara 2.000 hingga 5.000 meter.

Fox News menjelaskan, awan lenticular dapat terbentuk saat lapisan atmosfer berada tepat di puncak saturation. Dengan kata lain, awan itu terbentuk akibat fluktuasi angin kencang di atas perbukitan dan pegunungan, saat udara dalam kondisi yang stabil dan lembab.

Baca juga:  September Mendatang, NASA Mulai Berburu UFO

Awan lenticular paling sering terbentuk ketika masuk musim dingin. Meski begitu, bukan tidak mungkin jika awan lenticular bisa muncul di musim lain, seperti musim panas atau musim semi.

#Turkey an unusual dawn this morning. Footage of a rare natural phenomenon called #UFO lenticular/spying foehn clouds. ???????? pic.twitter.com/Mw9SJx3mAN

— ByronJ.Walker™Quotes (@ByronJWalker) January 21, 2023

Penjelasan ilmiah ini pun seolah-olah mematahkan spekulasi beberapa orang yang mengatakan jika fenomena itu adalah UFO dan masih berkaitan erat dengan alien.

Menurut kamu gimana, guys?