Fenomena Hujan Es, Lengkap dengan Penyebab juga Prosesnya

  • Bagikan
Fenomena Hujan Es, Lengkap dengan Penyebab juga Prosesnya
republika.co.id

Fenomena hujan es sering kali kita dengarkan. Bahkan beberapa waktu lalu juga terjadi. Bahkan juga sempat menggegerkan. Fenomena tersebut memang sangat sering terjadi di Indonesia. Perlu Anda ketahui bahwa hujan es juga bisa menyebabkan banguan rusak. Karena, kecepatan luncurannya juga bisa menghasilkan benturan yang kuat. Akan lebih berbahaya lagi jika butiran es yang turun ke Bumi berukuran besar. Tahukah penyebabnya, mengapa bisa terjadi hujan es?

Fenomena Hujan Es, Lengkap dengan Penyebab juga Prosesnya
republika.co.id

Penyebab Terjadinya Fenomena Hujan Es

Hail atau hujan es merupakan cuaca ilmiah yang biasanya terjadi dan termasuk juga dalam kejadian cuaca ekstrim. Penyebab terjadinya hujan ini adalah adanya awan cumulonimbus. Dalam awan tersebut ada tiga macam artikel, yakni butir air, butir air dingin yang super juga partikel es.

Dengan begitu, hujan lebat yang berupa partikel padat baik Hail maupun es bisa saja terjadi. Tergantung juga dengan pembentukan dan pertumbuhan awan Cumulonimbus tersebut. Umumnya awan tersebut mempunyai bentuk yang menyerupai bunga kol. Diantara awan tersebut, juga terdapat yang mempunyai batasan tepi sangat jelas dengan warna abu-abu menjulang tinggi. Warna tersebut juga akan berubah cepat menjadi abu-abu kehitaman.

Baca juga:  Banjir Bandang, Berikut Penjelasan Mengenai Ciri-Ciri Serta Penyebabnya

Proses Pembentukan Es

Dalam awan cumulonimbus tersebut juga terdapat beberapa fenomena proses pembentukan juga pertumbuhan. Misalnya adalah adanya pergerakan massa udara yang kuat. Pergerakan tersebut membawa uap air naik sampai mencapai ketinggian. Ketinggian yang mana suhu udara yang dingin sehingga menyebabkan air membeku menjadi partikel es.

Bukan cuma itu saja akan tetapi juga istilah Lower Freezing Level. Pada fenomena ini es, mempunyai kecenderungan turun lebih rendah daripada ketinggian normalnya. Hal ini juga yang menyebabkan butiran es yang turun ke permukaan Bumi tidak sempurna.

Bagi yang belum mengetahui mengenai proses terjadinya fenomena hujan es tersebut bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

  • Bagikan