Gadget  

Xiaomi Luncurkan Pad 6 Max, Harga Paling Murah Rp8 Jutaan

Tepat tanggal 14 Agustus 2023, Xiaomi mengadakan acara besar di China. Xiaomi mengumumkan kehadiran sejumlah produk baru, salah satunya adalah Xiaomi Pad 6 Max yang masuk ke dalam seri Xiaomi Pad 6 yang juga diluncurkan di Cina pada bulan Juni lalu.

Sepertinya tablet yang membawa embel-embel Max ini menjadi varian tertinggi di jajaran Pad 6 yang sudah memiliki model standar dan Pro. Xiaomi Pad 6 Max tetap mempertahankan desain yang sama dengan saudara kandungnya dengan unibody logam dan modul kamera persegi di bagian belakang.

Tablet ini terlihat cukup premium. Sektor layar dan speaker dari Pad 6 Max ini juga telah ditingkatkan kemampuannya oleh Xiaomi. Pad 6 Max adalah yang terbesar dalam jajaran yang menawarkan layar LCD berukuran 14 inci. Ini dikatakan 62 persen lebih besar dari Pad 6 Pro.

Layarnya masih membawa refresh rate 120Hz dan resolusi 2,8K. Untuk sektor audio, tablet terbaru dari Xiaomi ini telah dibekali delapan speaker yang disetel oleh Dolby Atmos. Ya! Peningkatan tersebut membuat sektor tampilan dan audio mampu menawarkan pengalaman hiburan yang imersif.

Baca juga:  Sharp Luncurkan AQUOS R7s, Dibanderol Seharga Rp15.999.000

Sementara itu, untuk sektor kamera, Pad 6 Max menawarkan pengaturan kamera belakang ganda, dengan sensor utama 50 MP dan lensa kedalaman 2 MP. Di bagian depan, tablet ini memiliki kamera utama 20 MP yang dipasangkan dengan sensor ToF 3D untuk membuka kunci via wajah tingkat lanjut.

Ada juga lampu indikator yang akan berkedip merah saat aplikasi mencoba mengakses data sensitif seperti kamera. Dukungan tersebut tentunya sangat membantu pengguna memutuskan apakah akan memberikan izin atau tidak. Ini tentunya juga menyangkut masalah privasi.

Untuk dapur pacunya, Xiaomi Pad 6 Max menampung chipset Snapdragon 8+ Gen 1. Ini mengemas RAM hingga 16 GB dan penyimpanan internal 1 TB. Tablet ini juga sudah dilengkapi dengan sistem pembuangan panas dengan luas 15839 mm untuk penggunaan dalam waktu lama.

Tablet ini mendapatkan tenaganya dari unit baterai 10000 mAh dengan dukungan pengisian cepat 67W serta reverse charging 33W. Selain itu, Xiaomi juga mempersenjatai sektor catu dayanya ini dengan chipset Surge G1 untuk masa pakai baterai yang lebih baik, umur panjang, dan keamanan.

Baca juga:  6 Potret BYD E2, Mobil Listrik Murah Seharga Rp 200 Jutaan

Ketika konsumen mengeluarkan Pad 6 Max dari kotak penjualannya, tablet ini sudah siap berjalan dengan antarmuka MIUI Pad 14 berbasiskan Android 13. Antarmukanya ini mengemas beberapa fitur pendukung seperti mode split screen yang bisa membuka empat aplikasi secara bersamaan.

Selain itu, tablet ini juga sudah menyediakan aplikasi WPS Office pra-instal. Tablet ini kompatibel dengan keyboard yang dapat dilepas, yang juga memiliki trackpad. Selain itu, Pad 6 Max juga sudah dilengkapi Stylus yang memiliki fitur tombol fokus, yang mengubahnya menjadi penunjuk laser virtual.

Harga dan Ketersediaan

Xiaomi Pad 6 Max dibanderol mulai dari harga CNY 3.799 (Rp8 jutaan) untuk varian dasar 8 GB/256 GB. Sementara, konfigurasi 12 GB/256 GB dan 12 GB/512 GB, masing-masing dibanderol dengan harga CNY 3.999 (Rp8,5 juta) dan CNY 4.399 (Rp9,3 juta).

Bagi konsumen yang tertarik dengan Pad 6 Max varian tertinggi, yakni 16 GB/1 TB, tablet ini ditawarkan dengan harga CNY 4.799 (Rp10 juta). Xiaomi Pad 6 Max ini ditawarkan dalam warna Hitam dan Perak. Smart Touch Keyboard dihargai CNY 799 (Rp1,7 juta) sedangkan stylus CNY 499 (Rp1 jutaan).

Baca juga:  15 Aplikasi yang Lagi Hits dan Paling Kekinian Tahun 2023