Wayscral E-Quip, Skuter Listrik Kembaran Vespa, Harganya Rp 35 Jutaan

  • Bagikan
Skuter listrik Wayscral yang perwajahannya mirip Vespa (Wayscral.com)
Skuter listrik Wayscral yang perwajahannya mirip Vespa (Wayscral.com)

Baru-baru ini, salah satu perusahaan otomotif asal Prancis meluncurkan skuter listrik bernuansa Vespa namun dengan harga relatif terjangkau. Perkenalkan Wayscral E-Quip.

Skuter listrik Wayscral E-Quip, yang diproduksi oleh Wayscral. Sementara komponen suku cadangnya dikirim oleh Norauto, salah satu pemasok suku cadang terbesar di Prancis. Kedua perusahaan kemudian memproduksi sepeda motor bertenaga listrik namun dengan harga terjangkau.

Dikutip dari Ride Apart, Wayscral menawarkan skuter listriknya dengan desain klasik. Namun bila diperhatikan lebih jelas, perwajahannya mirip dengan motor Vespa mulai dari bagian lampu, sisi samping bodi dan bagian jok motor.

Skuter listrik Wayscral yang perwajahannya mirip Vespa (Wayscral.com)
Skuter listrik Wayscral yang perwajahannya mirip Vespa (Wayscral.com)

Spesifikasi Wayscral E-Quip

Membahas spesifikasinya, Wayscral E-Quip dibekali dengan baterai dari LG yang menghasilkan tenaga sebesar 1,5 kW serta mampu menembus kecepatan maksimal 45 km/jam dan dapat menempuh jarak hingga sejauh 40 km dalam sekali pengisian daya. Pengisian daya membutuhkan waktu lima jam dari nol sampai 100%.

Dengan bobot 90 kg, skuter listrik milik Wayscral ini terbilang cukup ringan untuk dipakai sehari-hari. Namun pembuatnya mengklaim jika motor tersebut tetap kokoh dan kuat apabila konsumen bepergian dengan rute cukup jauh.

Baca juga:  Nmax Versi Listrik Electric Siap Produksi Massal, Setara Motor 125 Cc

Skuter listrik ini digadang-gadang akan menjadi pesaing Vespa listrik di pasar Eropa. Sebagai informasi, Vespa saat ini telah memiliki skuter listrik andalannya yang bernama Elettrica. Produsen sepeda motor asal Italia ini membagi dua varian yakni 45 km/jam dan 75 km/jam.

Soal kapasitasnya, keduanya sama-sama dibekali baterai 4,2 kWh. Namun yang membedakan hanya tenaga yang dihasilkan, untuk varian 45 km/jam mempunyai tenaga sebesar 3,5 kW. Sementara varian 75 km/jam memiliki tenaga mencapai 3,6 kW. Untuk waktu pengisian daya baterai pun tetap sama membutuhkan waktu empat jam hingga penuh.

Soal harga, jelas Vespa Elettrica punya harga yang lebih mahal dengan banderol mulai dari US$ 7.499 atau sekitar Rp 108 juta. Sementara Wayscral E-Quip ini dibanderol sebesar US$ 2.423 atau setara dengan Rp 35 juta saja.

  • Bagikan