Connect with us

Berita

Unik, Goa di Pangandaran Ini Dapat Mengeluarkan Bunyi Seperti Gamelan

Published

on

Bagikan sekiranya bermanfaat
  • 450
    Shares

Goa Sidong Goong Pangapungan adalah salah satu dari sekian banyak goa di Kabupaten Pangandaran, yang memiliki nilai historis yang sangat besar.

Goa Sidong Goong Pangapungan adalah fenomena alam yang menyajikan mahakarya cipta Illahi yang indah. Salasatu keunikan dari Goa yang berada di Dusun Kutakanyere Desa Sindangsari Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran ini adalah batu yang berirama.

Potensi yang belum begitu digali ini terus mendapat perhatian dari masyarakat. Selain itu konon goa ini bahkan tersambung ke Pamijahan, Banten dan Panjalu.

Selain goa disinipun terdapat makam sesepuh penyebar agama islam, yang berasal dari Jawa Timur.

Kepala Desa Sindangsari, Herman, mengatakan, potensi inilah yang diharapkan masyarakat desa sindangsari bisa membangkitkan wisata religi di Kabupaten Pangandaran.

“Goa Sidong Pangapungan dan makam sesepuh ini diharapkan bisa menjadi wisata alam kategori wisata religi” ucap Herman.

Herman pun menuturkan kalau jalan menuju ke goa Sidong Goong Pangapungan tersebut sudah bagus.

“Akses Jalan sudah bagus, sudah di cor, tinggal beberapa puluh meter lagi yang sedang ditata oleh warga” ungkapnya.

Silahkan berkomentar dengan santun

Advertisement
Comments

Berita

Atlet Catur Disabilitas Asal Pangandaran Berhak Wakili Jabar ke Peparpenas 2019 di Papua

Published

on

Bagikan sekiranya bermanfaat

PANGANDARAN, (SP) – Krisna Aji (15) atlet disabilitas dari National Paralympic Committe Indonesia (NPCI) Kabupaten Pangandaran, lolos dan mendapat poin tertinggi, pada Seleksi Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) 2019 yang digelar NPCI Jawa Barat di Bandung, 15-16 Juli 2019.

Pelajar SLB BC Pangandaran ini, menjadi satu-satunya atlet yang lolos dan berhak mewakili Jawa Barat pada Peparpenas di Papua, dari 6 atlet yang dikirimkan NPCI Pangandaran.

Ketua NPCI Kabupaten Pangandaran, Wahyu Hidayah mengatakan, pada Porda dan seleksi Peparpenas 2019, pihaknya mengikuti tiga cabang olah raga (cabor) dari empat cabor yang diperlombakan yaitu atletik, catur, renang dan tenis meja.

“Dengan beberapa keterbatasan, seperti ketersediaan atlet, kita hanya mengikuti tiga cabor yang mempunyai peluang besar meraih prestasi yaitu catur, atletik dan tenis meja,” kata Wahyu.

Wahyu menjelaskan, empat atlet tunadaksa mengikuti cabor tenis meja dan atletik. Sedangkan untuk cabor catur diikuti satu atlet penyandang tunadaksa dan satu tunanetra.

“Alhamdulillah, Krisna Aji atlet catur tunanetra berhasil meraih peringkat pertama dari atlet kabupaten dan kota lainnya di Jawa Barat,” kata Wahyu.

Dengan demikian, ujar Wahyu, Krisna Aji akan mewakili Jawa Barat mengikuti Peparpenas 2019 di Papua. (*)

Silahkan berkomentar dengan santun

Continue Reading

Berita

PDAM Tirta Galuh dan BPR BKPD Resmi Jadi Milik Pangandaran

Published

on

Bagikan sekiranya bermanfaat

PANGANDARAN, (SP) – Setelah dalam penantian panjang selama 7 tahun, Pemkab Ciamis akhirnya menyerahkan dua asetnya yaitu PD BPR BKPD dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Galuh ke Pemkab Pangandaran. Hal tersebut dilaksanakan sebagai tindaklanjut amanat undang-undang nomer 21 tahun 2012 tentang pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB).

Demikian disampaikan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, usai penandatanganan berita serah terima aset PD BPR BKPD dan PDAM yang dilaksanakan di Hotel Menara Laut Pangandaran, Senin (15/7/2019).

Herdiat, berharap, langkah ini akan lebih memberi manfaat, lebih baik dan lebih maju lagi setelah dikelola Pemkab Pangandaran. “Karena sesuai domisli, kedua BUMD ini berkedudukan di Kabupaten Pangandaran,“ kata Herdiat.

Pada acara penandatanganan serah terima kedua BUMD yang disaksikan para pejabat dan pimpinan DPRD kedua pemerintahan ini, Herdiat juga mengatakan, setelah peyerahan ini, ke depan tidak ada lagi perdebatan terkait aset.

“Ciamis benar-benar dengan ikhlas menyerahkan kedua aset ini, dan diharapkan setelah ini tali persaudaraan kita semakin terjalin erat, karena sebenarnya kita ini sodara, seperi kakak dan adik,” kata Herdiat lagi.

Hal senada dikatakan Bupati Pangandaran, Jeje Wiradiata, setelah 7 tahun proses peralihan aset, hari ini resmi kedua BUMD ini menjadi milik Pemkab Pangandaran.

“Hari ini kami bersyukur karena yang kemarin menjadi perdebatan kini proses penyerahan BUMD ini bisa berjalan lancar penuh rasa persodaraan,“ ucap Jeje. (IM/WP001)

Silahkan berkomentar dengan santun

Continue Reading

Berita

Konfercab Serentak, Jeje Wiradinata Kembali Nahkodai DPC PDIP Pangandaran

Published

on

Bagikan sekiranya bermanfaat

PANGANDARAN, (SP) – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) zona 3 serentak untuk 5 Kabupaten dan 2 Kota se-Jawa Barat, yang bertempat di Hotel Pantai Indah Pangandaran, Minggu (14/7/2019).

Zona tiga meliputi tujuh Kota/Kabupaten di wilayah selatan Jawa Barat, yaitu Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Garut.

Konfercab ini menggunakan format baru yang disebut penugasan. Ini merupakan pembaruan atau penugasan dari DPP PDI Perjuangan untuk menunjuk posisi Ketua, Sekretaris dan Bendahara DPC.

Pembacaan surat penugasan atas rencana rekomendasi dari DPP dipimpin langsung Ketua DPP Bidang Kaderisasi dan Keanggotaan, Idham Samawi untuk setiap Kabupaten/Kota.

Untuk Kabupaten Pangandaran, Jeje Wiradinata kembali ditugaskan dan di percaya oleh DPP PDIP untuk menahkodai partai berlambang banteng moncong putih periode 2019-2024. Sedangkan untuk Sekretaris di percayakan pada Riki Zulfikri dan Bendahara Asep Noordin. (*)

Silahkan berkomentar dengan santun

Continue Reading

Berita

Konfercab PDIP Zona Tiga Jawa Barat Sukses Digelar di Pangandaran

Published

on

Bagikan sekiranya bermanfaat

PANGANDARAN, (SP) – Konferensi Cabang (Konfercab) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan zona tiga Jawa Barat berlangsung, di Hotel Pantai Indah Timur, Pangandaran, Minggu 14 Juli 2019.

Zona tiga meliputi tujuh Kota/Kabupaten di wilayah selatan Jawa Barat, yaitu dari Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Garut.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Ketua DPP PDIP bidang ideologi dan kaderisasi, Idham Samawi, dengan melakukan pemukulan gong sebanyak lima kali.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pangandaran, mengatakan, saat ini Pangandaran sedang giat-giatnya membangun dengan segenap perjuangan.

Sebagai pengurus dan kader partai harus mampu mengemban amanah rakyat untuk mewujudkan aspirasi masyarakat.

Dikatakannya, pada proses pemilihan dalam Konfercab hanya menentukan Ketua, Sekretaris dan Bendahara (KSB). Tidak ada intervensi kepengurusan di atasnya, baik DPD maupun DPP.

“Semua sesuai proses demokrasi dan penjaringan dari bawah, mulai PAC, DPC hingga DPD dan DPP.” ujar Jeje.

Sementara Ketua DPP PDIP bidang ideologi dan kaderisasi, Idham Samawi dalam sambutannya mengapresiasi digelarnya Konfercab serentak 5 Kabupaten dan 2 Kota di Jawa Barat di Kabupaten Pangandaran.

Idham pun mengaku gembira pada saat pembukaan Konfercab ditampilkan beberapa kesenian tradisional Pangandaran.

“Luar biasa. Itu sebagai salah satu, pengamalan dari Trisakti Bung Karno yaitu berkepribadian secara sosial budaya. Saya akan minta disetiap acara resmi PDIP agar ditampilkan berbagai kesenian lokal seperti di Pangandaran,” ujarnya.

Idham menegaskan, kepada seluruh anggota PDIP untuk tidak ragu dalam mengamalkan Trisakti Bung Karno yaitu berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi dan berkepribadian secara sosial budaya.

Selain itu, Dia menegaskan sebagai kader PDIP harus bisa menjelaskan tidak ada yang salah dengan Pancasila. Hanya Pancasila yang dapat mempersatukan seluruh rakyat Indonesia. (*)

Silahkan berkomentar dengan santun

Continue Reading

Berita

Kang Emil Mendukung Penuh Pangandaran Jadi Tujuan Wisata Utama di Jabar

Published

on

Bagikan sekiranya bermanfaat

PANGANDARAN, (SP) – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mengatakan akan terus mendorong agar Pangandaran menjadi tujuan wisata utama di Jawa Barat. Hal tersebut disampaikan saat membuka secara resmi event Pangandaran International Kite Festival (PIKF), Sabtu (13/7/2019)

Dia pun menegaskan, Provinsi Jawa Barat akan mendukung penuh Pangandaran dalam membangun kawasan wisata hingga berkelas dunia, termasuk dalam hal anggaran

“Dengan anggaran sekitar Rp 83 miliar dari provinsi kita akan perbaiki sisi laut Pangandaran agar seperti lagunya Doel Sumbang. Selain enak kualitasnya juga akan kita tingkatnya agar suatu hari bisa naik kelas menjadi destinasi berkelas internasional,” ucap Kang Emil, sapaan akrabnya.

Melalui festival layang-layang ke 30 ini, kata Emil, diharapkan menimbulkan citra positif dari Pangandaran sebagai destinasi wisata.

“Dukungan dari pemprov lahir batin, saat ini sedang proses lelang untuk penataan pantai timur dan barat Pangandaran,” ujarnya.

Begitu juga dengan Kawasan Ekonomi Khusus kata Ridwan Kamil yang terus kita kawal prosesnya.

“Untuk Bandara Nusawiru akan kita kerja samakan agar wisatawan dari negara ASEAN dan Bintan bisa masuk ke Pangandaran sehingga target 5 juta pengunjung dengan dukungan pemprov Insya Allah bisa tercapai,” ungkapnya.

Ridwan Kamil meyakini, melalui event ini, akan meningkatkan tingkat kunjungan ke Pangandaran.

“Namun kombinasi alam yang indah tidak cukup, jadi harus ada hal-hal yang unik, selain festival layang-layang kita dorong Pangandaran untuk membuat festival-festival yang lain agar wisatawan semakin banyak yang datang ke Pangandaran,” ujarnya. (*)

Silahkan berkomentar dengan santun

Continue Reading

Cuaca Saat Ini