Umur Ban Mobil dan Motor Sampai 10 Tahun, Berikut Penjelasannya

KabarOto.com – Menurut hasil perbincangan dengan Asosiasi Perusahaan Ban Indonesia (APBI) Rabu (15/03) lalu, masa manfaat ban mobil dan sepeda motor bisa mencapai 10 tahun. Tergantung kegunaan dan cara merawatnya, penasaran kan?

Percakapan santai dengan Ignatius Dwi Triono selaku Staf Ketua Panitia Pemasangan Ban APBI dan Agus Sarsito selaku Sekretaris Umum APBI, difasilitasi oleh Pusat Penelitian Karet dan Balai Riset Teknologi Karet yang berlokasi di Kota Bogor, Jawa Barat.

Pusat Riset Karet dan Balai Riset Teknologi Karet ternyata sudah berdiri sejak tahun 1941. Dan kini mereka beranggotakan 7 merek ban terkemuka di Indonesia, tugasnya adalah memberikan pengujian terhadap ban yang akan dijual ke pasar, untuk kemudian memberikan kriteria kepada lulus uji dan layak pakai.

Baca Juga: Mulai dari Rp. 5 jutaan, velg HSR luncurkan 8 velg baru ala JDM

Pembicara Ignatius Dwi Triono (kanan) dan Agus Sarsito (kiri) dari APBI

Kembali ke umur ban, dari hasil diskusi sepertinya mereka membuat asumsi tentang umur ban. Kami selalu mendasarkan usia ban maksimal 5 tahun atau bahkan kurang.

Baca juga:  Tahun 2023 Jadi Tahun Pembelajaran untuk Mahindra Racing

Berdasarkan hasil penelitian dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) di Amerika Serikat menyebutkan bahwa ban bertahan 6 hingga 10 tahun. “Namun semua tergantung kondisi penyimpanan dan lingkungan,” kata Ignatius Dwi Triono.

Penyimpanan ban dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu:

1. Kondisi lingkungan (Oksigen, sinar Ultraviolet-UV dan ozon)

Kondisi terbuka juga dapat mengurangi umur ban, hal ini disebabkan oksigen. Selanjutnya, sinar Ultra Violet (UV), saat ban terkena sinar matahari, karet langsung mulai menyerap radiasi UV. Prosesnya sama dengan polimer alami dan sintetik, yang membentuk senyawa karet. Proses kerusakan akibat pengaruh sinar UV disebut photobleaching.

Terakhir, dampak ozon, ini adalah sejenis oksigen dengan atom ekstra, yang dapat ditemukan di stratosfer dan troposfer. Keretakan ban disebabkan oleh dampak ozon jika ban terkena sinar matahari dalam waktu yang lama.

2. Kondisi penyimpanan

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki kondisi penyimpanan dan membuat ban Anda bertahan lebih lama:

  • Bersihkan ban sebelum disimpan

  • Jangan dipasang pada kendaraan yang sedang memuat.

  • Mengembang atau melepas ban dari pelek, karena tekanan udara akan meregangkan bentuk karet dan menyebabkan ban lebih cepat tua.

  • Bungkus ban dalam kantong plastik kedap udara agar oli ban tidak menguap.

  • Jauhkan dari paparan sinar UV, kelembaban dan ozon (suhu maksimal 31°C)

  • Posisi bertumpuk akan lebih baik untuk menghindari deformasi

Baca juga: Simak Lima Keunggulan Ban GT Savero A/T Pro

Dari hasil penjelasan di atas, pihak produsen ban resmi merekomendasikan agar ban 100% aman digunakan hingga usia 5-6 tahun.

“Semua ini kembali kepada kepentingan bisnis dan tentunya keamanan dan kenyamanan saat berkendara, produsen ban hanya merekomendasikan maksimal 6 tahun pemakaian”, pungkas Agus Sarsito.