UI Jadi Kampus Terpopuler di Medsos, Bagaimana di Dunia Nyata?

UI Jadi Kampus Terpopuler pada Medsos, Bagaimana pada Dunia Nyata?

 (UI) mendapat predikat sebagai kampus paling populer dalam media sosial tahun 2023 mengalahkan 14 universitas lain. Bagaimana persoalan prestasinya pada ?

Hal yang disebut berdasarkan hasil penelitian yang tersebut dikerjakan oleh lembaga Edutech RevoU. Penelitian ini dirilis RevoU pada Agustus lalu dengan hasil studi data berjudul “15 Universitas Indonesia Paling Populer di tempat Media Sosial Tahun 2023”.Untuk menentukan universitas dalam Indonesia yang mempunyai media sosial terbaik, RevoU mengumpulkan serta membandingkan total pengikut di dalam media sosial (Instagram, Twitter, LinkedIn, YouTube, TikTok), jumlah keseluruhan konten dalam masing-masing platform digital media sosial kampus, serta strategi konten di area media sosial masing-masing kampus.

Ke-15 universitas yang digunakan mengikuti pemeringkatan itu disaring RevoU menggunakan data 15 universitas terbaik pada Indonesia versi Quacquarelli Symonds (QS) World Ranking 2024.Berdasarkan studi data tersebut, UI berada di area peringkat pertama sebagai universitas dengan jumlah agregat pengikut terbesar dalam Twitter (sekarang bernama X) kemudian LinkedIn, dengan nomor 1,2 jt pengikut pada Twitter kemudian 281.672 pengikut dalam LinkedIn.

Baca juga:  Guru Besar UI: Generasi Emas 2045 Apa Bisa Tercapai Kalau Kampus Tak Bergerak?

Sementara itu, UI berada dalam peringkat 2 dalam hal jumlah keseluruhan pengikut terbanyak di area Instagram dengan nomor 870.972; peringkat 2 jumlah agregat pengikut terbanyak dalam TikTok dengan bilangan bulat 27.400; dan juga peringkat 5 jumlah total pengikut terbanyak di area YouTube dengan nomor 62.800.UI juga menduduki peringkat tiga teratas produksi konten terbanyak dalam Instagram dan juga Twitter. Jumlah total cuitan akun Twitter UI berada di area hitungan 36.233, lalu 3.558 unggahan dalam Instagram.

Dalam setiap unggahan dalam Twitter, UI menggunakan tagar #UniversitasIndonesia lalu #UIupdate. Sementara di tempat Instagram, UI tak semata-mata menyampaikan pengumuman, namun juga secara rutin menyorot kisah inspiratif dari sivitas akademika terbaik di tempat UI dalam bentuk tulisan singkat.”Kami sangat bangga dengan pencapaian ini yang mencerminkan dedikasi kami dalam menjalin koneksi kemudian berinteraksi dengan rakyat melalui media sosial. Hal ini sejalan dengan misi kami untuk terus berinovasi dalam menyampaikan semua pencapaian UI kepada rakyat internal dan juga eksternal, serta semua pihak yang digunakan peduli terhadap perkembangan UI,” kata Kepala Biro Humas lalu KIP UI Amelita Lusia.

Baca juga:  Lantang Tolak Putusan MK, Ketua BEM UI Diintimidasi: Rumah Didatangi Orang Berseragam TNI-Polri

Posisi UI pada dunia nyata

Meski menjadi nomor satu sebagai kampus paling populer dalam medsos, UI bukan masuk dalam daftar 100 kampus terbaik di area dunia versi World University Ranking.

Pada tahun ini, Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat (AS) jadi kampus terbaik di area dunia versi QS WUR. Selain MIT, ada juga beberapa kampus lain yang tersebut mejeng di dalam posisi tiga teratas seperti Cambridge University, Inggris lalu Stanford University, AS.

Tak ada satu pun kampus Indonesia yang mana berhasil masuk jajaran 100 besar kampus terbaik di area dunia.

Meski begitu, UI masih masuk 100 besar tingkat Asia. Dalam kategori ini, tercatat ada empat kampus RI masuk. Yakni, Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), UI, serta Universitas Airlangga (Unair).

Pemeringkatan ini dibuat dari hampir 1.500 institusi sekolah di area seluruh dunia. Beberapa kriteria yang digunakan digunakan mulai dari reputasi akademik hingga total siswa internasional yang terdaftar.

Baca juga:  Lantang Tolak Putusan MK, Ketua BEM UI Diintimidasi: Rumah Didatangi Orang Berseragam TNI-Polri

Sama seperti UGM dan juga ITB, UI juga masuk daftar 60 besar kampus terbaik di dalam Asia. Sementara pada dunia, UI duduk di tempat peringkat ke-248. Namun, posisi UI masih kalah dari UGM yang digunakan duduk di area peringkat ke 231 juga ITB di tempat peringkat ke 235.

Sumber: CNN Indonesia