Tracking Ruas Fungsional Jalan Tol Bocimi II

KabarOto.com – Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Cigombong-Cibadak Seksi II difungsikan dibuka pada musim Lebaran 2023. KabarOto melakukan penyisiran di tol sepanjang 11,9 km itu.

Baca Juga: 700 Pengendara Motor Kunjungi Bale Santai Honda di Jawa Tengah

Tol milik Bocimi sendiri baru dibuka untuk Cigombong. Namun saat welcome season, Jalan Tol Bocimi secara fungsional dibuka hingga Gerbang Tol Parungkuda. Salah satu yang menarik dari Tol Bocimi adalah pemandangannya. Ya, pemandangan di sepanjang tol Bocimi memang sangat memanjakan mata.


Kondisi tol Bocimi seksi II cukup baik karena didominasi jalan beton. Ada juga jalan aspal yang tetap saat Anda melewati jembatan, dan jalan tersebut kembali menjadi beton setelahnya. Seperti saat masuk dari Ciawi, tol Bocimi seksi II ini memiliki kontur naik turun yang tidak pendek. Perjalanan dari KabarOto menyusuri Tol Bocimi Seksi II dari Pintu Keluar Tol Cigombong hingga Pintu Keluar Tol Parungkuda memakan waktu sekitar 10 menit.

Tol Bocimi Seksi II bisa dilintasi hingga Sukabumi dan sebaliknya. Pemandangan sekitar jalan tol menjadi nilai tambah jalan tol ini (KabarOto)

Yang perlu diperhatikan adalah jalan beton yang bergelombang. Terutama saat menghubungkan jalan beton dan aspal. Saat menelusuri seksi II tol Bocimi, KabarOto juga menemukan beberapa seksi yang tanahnya tumpah. Diduga, kotoran tersebut berasal dari truk angkutan darat. Pasalnya, di beberapa ruas jalan terlihat truk dan ekskavator sedang bekerja mengeruk tanah.

Baca juga:  2¬†Kecelakaan di Jalan Tol Solo-Ngawi, 3 Orang Meninggal

Juga tidak ada penerangan umum di jalan ini. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat melewati Jalan Tol Bocimi Seksi II saat mendung. Menurut keterangan pejabat, tol Bocimi Seksi II beroperasi mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Namun, jam buka ini dapat berubah tergantung situasi.

Baca juga: Pulang Naik Motor, Istirahat di Bale Santai Honda Serang Banten

Kecepatan kendaraan yang melintas juga dibatasi, yakni 60 km/jam. Sedangkan kendaraan yang bisa melintas hanya kendaraan golongan 1 seperti SUV, sedan, dan minibus dengan tinggi maksimal 2,1 meter.