Tingkatkan Sinergisitas, Bawaslu Pangandaran Gelar Media Gathering di Pantai Karapyak

0
5 views
Menjelang Pilkada 2020, Bawaslu Kabupaten Pangandaran menggelar media gathering bersama awak media di Karapyak Glamping Pantai Krapyak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, (17/11/2019).

SEPUTARPANGANDARAN.COM
Untuk meningkatkan sinergisitas menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran menggelar media gathering bersama para awak media di Karapyak Glamping Pantai Krapyak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, (17/11/2019).

Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan mengatakan, pelaksanaan media gathering ini dalam rangka meningkatkan sinergisitas pada pelaksanaan Pilkada Pangandaran tahun 2020.

Media Gathering Bawaslu tahun 2019 dihadiri oleh media massa baik cetak maupun media elektronik serta Ketua dan Komisioner KPU Pangandaran

“Karena kami sadar betul, tidak mungkin kami bisa menyampaikan secara menyeluruh terkait pengawasan dalam pilkada tanpa media,” ucapnya.

Terutama kata Iwan terkait netralitas ASN, meskipun belum ada deklarasi calon di Kab Pangandaran, kata Iwan, berdasarkan informasi bupati saat ini akan mencalonkan kembali.

“Apalagi kalau calonnya tunggal, ini sangat rentan dengan netralitas ASN,” ujarnya.

Menurut Iwan, dana hibah menjadi salahsatu pengawasan pihaknya, serta money politik seperti yang sudah diatur dalam UU nonor 10 tahun 2016 tentang pilkada, baik yang memberi maupun yang menerima akan dikenakan sanksi.

“Kami tidak ingin masyarakat terjerat hal tersebut karena ketidaktahuan. Pesantren menjadi lahan seksi bagi peserta dalam pilkada,” katanya.

Dirinya berharap, masyarakat bisa mengetahui bahwa media itu merupakan pilar demokrasi dalam menyampaikan fungsi pengawasan Bawaslu.

Apep Wahyu Ketua pelaksana menyampaikan, bahwa Media Gathering adalah salah satu dari kegiatan media relations yang dilakukan oleh sebuah lembaga atau organisasi untuk menjalin hubungan yang baik dan harmonis dengan media.

“Sebagai salah satu kegiatan komunikasi secara informal yang dilakukan oleh lembaga dengan media yang bertujuan untuk mempererat hubungan dengan media dan menjalin relasi melalui pertemuan informal dengan tujuan yang sama yaitu pemberian informasi mengenai sesuatu hal yang dimana informasi tersebut nantinya akan di informasikan kembali kepada masyarakat luas melalui tayangan atau berita yang dimuat oleh media,” ungkapnya.

Kata Apep, Media Gathering dimaksudkan agar tersampaikannya pemahaman mengenai Optimalisasi komunikasi publik Lembaga pengawas Pemilu kepada publik melalui media.

“Tujuannya untuk mengetahui evaluasi pemberian informasi sebagai bentuk Press Gathering yang dilakukan Bawaslu Kabupaten/Kota dalam upaya menjalin hubungan baik dengan media,” ujarnya.

Adapun dalam kegiatan tersebut menurut Apep, melakukan evaluasi pemberitaan pada pelaksanaan pengawasan Pemilu tahun 2019 yang dilakukan media massa, lalu evaluasi Pemberitaan pada penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa Pemilu tahun 2019 yang dilakukan media massa, mensosialisasikan persiapan pengawasan pada Pilkada 2020 di Jawa Barat dan mensosialisasikan persiapan penanganan pelanggaran pada Pilkada 2020 di Jawa Barat. (*)

Silahkan berkomentar dengan santun dan bertanggung jawab