Ternyata Akuarium Terbesar di Dunia Ada di Pangandaran, Ini Penampakkannya

0
3420
Integrated Aquarium and Marine Research Institut (PIAMARI) di Pangandaran.

SEPUTARPANGANDARAN.COM – Selama ini akuarium terbesar di dunia dikenal berada di Portugal dengan panjang terowongan 40 meter. Sekarang tidak lagi. Karena Indonesia, tepatnya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, berhasil membangun tiga (3) aquarium, yang salah satunya merupakan akuarium terowongan sepanjang 47,895 dengan tinggi 3 meter dan lebar 3 meter.

Kepala Pusat Riset Kelautan KKP, Riyanto Basuki, mengatakan, selain akuarium terowongan, ada dua lagi, yakni aquarium teater dengan tinggi 4,2 meter, lebar 10 meter dan panjang 32,58 meter serta akuarium Sekolah dengan tinggi 7 meter dan diameter 5 meter.

Integrated Aquarium and Marine Research Institut (PIAMARI) di Pangandaran

Ketiga akuarium raksasa tersebut, imbuhnya, teritegrasi satu sama lain dengan nama PIAMARI singkatan dari Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institut.

Integrated Aquarium and Marine Research Institut (PIAMARI) di Pangandaran

Akuarium Raksasa itu, lanjutnya, pembangunannya sudah rampung 100 persen dan rencananya akan mulai beroperasi pada bulan maret 2020 mendatang.

Integrated Aquarium and Marine Research Institut (PIAMARI) di Pangandaran

Sementara saat ini sedang dalam proses pematangan dari kebocoran sebelum nantinya bisa dibuka untuk umum.

“Disini, (PIAMARI) terdapat 3 buah Aquarium dengan berukuran sangat besar, yakni :
1. Akuarium Teater
Dengan tinggi 4,2 meter, lebar 10 meter dan panjang 32,58 meter.
2. Akuarium Sekolah
Dengan tinggi 7 meter dan diameter 5 meter.
3. Akuarium Terowongan
Dengan tinggi 3 meter, lebar 3 meter, dan panjangnya mencapai 47,895 meter.

Akuarium terowongan yang panjangnya 47,895 meter ini merupakan yang terbesar dan terpanjang di dunia. Sebab, saat ini baru ada di Portugal yang panjangnya hanya 40 meter”, ungkap Riyanto.

Menurutnya, proses pengerjaan akuarium tersebut membutuhkan proses yang cukup lama. Karena harus melakukan beberapa tes. Seperti tes kebocoran, tes goncangan terhadap gempa, dan masih banyak tes yang lainnya.

Riyanto berharap semuanya bisa berjalan dengan lancar dan bisa dioperasikan sesuai dengan target yang telah ditentukan, sehingga nantinya bisa menjadi khasanah baru wisata Pangandaran dan kian menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Pangandaran.

Silahkan berkomentar dengan santun dan bertanggung jawab