Terlalu banyak waktu yang tersisa untuk teman prom? Ini adalah fungsi pemanas kendaraan

KabarOto.com – Perawatan sepeda motor secara rutin menjadi suatu keharusan bagi pengguna sepeda motor untuk menjaga performa mesin tetap prima saat digunakan. Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan pemilik sepeda motor adalah melakukan pemanasan mesin sepeda motor setiap pagi secara rutin.

Kepala Suku Dinas Teknis PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan, memanaskan kembali mesin sepeda motor merupakan hal yang cukup umum terdengar di masyarakat. Hal ini untuk membuat mesin sepeda motor lebih awet, menjaga kondisi sepeda motor tetap prima.

Pemanasan sepeda setiap pagi juga memiliki banyak manfaat, antara lain:

1. Sirkulasi oli ke Mesin

Pemanasan sepeda motor memungkinkan oli bersirkulasi di ruang mesin sehingga komponen mesin yang bergesekan dapat terlumasi dengan baik.

Baca Juga : Motor 4 Tak Mengeluarkan Asap Putih, Ini Penyebabnya

2. Isi Baterai Accu

Sepeda motor yang jarang digunakan membutuhkan aki yang harus diisi agar tidak rontok. Saat menghidupkan sepeda motor, ada baiknya baterai terisi secara otomatis saat sepeda motor dalam keadaan diam.

3. Suhu Kerja Ideal

Dengan melakukan pemanasan pada sepeda motor maka suhu mesin akan tercapai dengan ideal sehingga mesin bekerja lebih maksimal dan sepeda motor siap digunakan.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi mesin sepeda motor, pemilik sepeda motor tidak perlu lagi melakukan pemanasan mesin setiap pagi. Pasalnya, teknologi terbaru dilengkapi dengan sensor pendukung yang membuat performa mesin semakin sempurna.

Baca Juga: Mau Asap 2 Tak Yang Baunya Enak dan Tidak Pedih Mata? ini resepnya

Meski demikian, pemilik sepeda motor tetap bisa melakukan pemanasan mesin asalkan dilakukan sesuai anjuran.

“Misalnya ketika menghidupkan sepeda motor dan membiarkannya diam tanpa harus memutar gas. Atau ketika sepeda motor tidak digunakan dalam waktu lama, diperlukan perawatan khusus agar mesin sepeda motor kembali normal setelah lama tidak digunakan, ” jelasnya.

Exit mobile version