Terdengar Suara Misterius di Langit Tegal hingga Pekalongan. Fenomena Apakah Ini?

TEGAL, (SP)  – Suara aneh yang lebih mirip seperti dengungan terdengar dari langit di sejumlah daerah di Jawa Tengah Jumat, 14 Desember 2018 dinihari. Suara yang muncul sekitar pukul 01.00 WIB itu terdengar di Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, hingga Kabupaten Batang.

Fenomena itu pun langsung bikin geger warganet. Fanspage Facebook Pekalongan Info mengunggah video rekaman suara itu sekitar pukul 01.45 WIB. Dalam video berdurasi 17 detik itu, terdengar suara dengungan dari langit.

Karakter suara itu mirip mesin pesawat yang terbang dengan rendah. Namun, belum ada laporan yang menyebutkan suara itu adalah bunyi dengungan pesawat. Seseorang yang merekam suara itu juga keheranan.  “Suara apa itu,” ucapnya.

Postingan tersebut langsung diserbu komentar dan dibagikan ribuan kali. Sejumlah pengguna facebook mengaku mendengarkan suara yang sama di jam tersebut. Andriyani Phuji Rahayu, salah seorang netizen asal Kabupaten Batang, mengaku mendengar suara tersebut dengan jelas. “Saya di batang/gringsing juga denger. kirain aku pesawat. Keras banget kaya di atas rumah,” katanya.

Baca juga:  Miracle in Cell No. 7 Hingga Citadel Siap Warnai Prime Video mulai April 2023

Suara itu ternyata tidak hanya terdengar di sekitar Pekalongan dan Batang, tetapi juga di Tegal dan Brebes. Ręsį Måhăşãdû mengaku mendengarkan suara yang sama pada pukul 00.40 WIB. “Nang brebes (suara muncul) pukul 00.40 pak,” katanya.

Seorang warga Tegal, Hendri Lisdiant, juga mengungkapkan hal senada. Tengah malam, dia mendengar suara dengungan dengan durasi yang cukup panjang. Karena penasaran, dia pun menanyakan apa yang dialaminya di akun facebook-nya. “Apa sekitar jam 00.00 ke atas ada yg denger suara dengungan keras??,” tanya dia.

Saat dimintai konfirmasi PanturaPost, dia membenarkan telah mendengar suara tersebut. “Iya dengar suara itu (dengungan), lumayan lama,” katanya.

Penelusuran PanturaPost, munculnya suara dengungan yang diduga berasal dari langit ini bukan kali ini saja terjadi. Pada 2015 lalu, suara dengungan yang hampir mirip juga terjadi di Jakarta dan beberapa negara lain.

Lalu, fenomena apakah ini?

Dilansir dari CNN, seorang ahli Geologi asal Azerbaijan, Elchin Khaliov menjelaskan kemunculan suara dari langit tersebut. Dia mengomentari peristiwa yang terjadi di beberapa negara seperti Jerman dan Amerika pada 2015 lalu.

Baca juga:  True to Love : Ini 5 Alasan untuk Menyaksikan Drama Korea Terbaru Prime Video

Menurutnya, apa yang didengar oleh manusia adalah hanya sebagian kecil dari kekuataan sebenarnya dari suara-suara tersebut. menurutnya, suara merupakan emisi akustik di frekuensi rendah dalam kisaran antara 20 Hz hingga 100 Hz. Lalu dimodulasi oleh gelombang infrasonik ultra rendah 0,1 Hz sampai 15 Hz.

Dalam ilmu geofisika, lanjut dia, mereka disebut gelombang akustik-gravitasi yang terbentuk di bagian atas atmosfer khususnya pada batas atmosfer dan ionosfer.

Menurut Khalilov, sumber suara yang banyak didengar itu merupakan manifestasi kuar dan gelombang akustik-gravitasi besar yang memproses energi dalam skala besar.

Proses ini meliputi jilatan api matahari yang kuat dan arus energi besar yang dihasilkan bergegas menuju permukaan bumi dan mendestabilisasi magnetosfer, ionosfer dan atmosfer atas.

Dengan demikian, efek dari jilatan api matahari yang kuat: dampak gelombang kejut dalam angin matahari, aliran sel-sel dan semburan radiasi elektromagnetik adalah penyebab utama dari generasi gelombang akustik-gravitasi.

Lalu, apakah suara yang terdengar di langit Tegal dan Pekalongan adalah seperti yang dijelaskan Khalilov? Hingga kini, belum ada pihak yang mengonfimasi kebenaran tersebut. (Panturapost.id)

Baca juga:  Catet! Maher Zain Bakal Gelar Konser di Tasikmalaya