Tak Bisa Awasi Dana Kampanye Parpol, Bawaslu: Ada KAP yang digunakan Ditunjuk KPU

Tak Bisa Awasi Dana Kampanye Parpol, Bawaslu: Ada KAP yang tersebut digunakan Ditunjuk KPU

SEPUTARPANGANDARAN.COM, JAKARTA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menyatakan, tak mampu mengawasi dana kampanye kontestan pemilihan raya 2024 ini. Hal yang dimaksud disampaikan oleh Anggota Bawaslu, Totok Hariyono.

Kata Totok, audit yang dimaksud sepenuhnya diadakan Kantor Akuntan Publik (KAP) independen yang dimaksud telah lama ditunjuk oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Audit dana kampanye di tempat KAP sekarang ini baru sebatas audit kepatuhan. Nah kalau masalah benar atau salahnya dana kampanye, itu nanti berdasarkan hasil KAP yang ditunjuk. Lalu nanti warga yang tersebut menilai sendiri,” kata Totok disitir dari laman resmi Bawaslu RI, Hari Senin (11/3/2024).

Menurut dia, KAP independen yang ditunjuk oleh KPU, miliki wewenang terhadap audit penyelenggaraan dana kampanye partisipan Pemilu. Lalu apabila hasil audit yang dimaksud menunjukkan ada dana kontestan pemilihan yang mana bersifat tak transparan, Bawaslu baru mampu mempertanyakan itu.

Totok memberikan contoh, semisal penyelenggaraan dana kampanye yang tak transparan pascaaudit KAP berasal dari sumber tidaklah jelas. Hal lainnya seperti yang digunakan dilaporkan di LADK tidaklah sesuai, maka kontestan pemilihan umum yang disebutkan dapat dijerat pidana.

Baca juga:  PDIP Tugaskan Gibran Jadi Jurkam juga Jubir Ganjar-Mahfud

“Jadi yang digunakan paham transparan atau tidak, ya KAP. Kalau ada dana bukan transparan, baru Bawaslu akan mempertanyakan,” pungkasnya.

Sumber Sindonews