Survei LSI: Prabowo-Gibran Ungguli Ganjar-Mahfud juga Anies-Muhaimin

Survei LSI: Prabowo-Gibran Ungguli Ganjar-Mahfud juga Anies-Muhaimin

SEPUTARPANGANDARAN.COM, Nama Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mengungguli -Mahfud MD dalam simulasi pasangan calon capres serta cawapres yang digunakan mana dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI), Minggu (22/10).

LSI dalam rilis surveinya, menimbulkan tiga simulasi pasangan akan datang capres dan juga juga cawapres. Dalam simulasi itu, Prabowo ungggul dengan siapapun dia dipasangkan.

Pada simulasi pertama, Prabowo yang hal itu dipasangkan dengan Gibran Rakabuming, unggul dengan elektabilitas mencapai 35,9 persen. Di posisi kedua ada Ganjar-Mahfud dengan elektabilitas sebesar 26,1 persen, lalu pasangan Anies-Cak Imin dengan 19,6 persen.

<! s: parallax > <! e: parallax >

Prabowo juga mengungguli Ganjar-Mahfud kemudian juga Anies-Cak Imin dalam simulasi ia dipasangkan dengan Erick Thohir. Elektabilitas Prabowo bahkan lebih lanjut besar tinggi mencapai nomor 39 persen. Kemudian, Ganjar-Mahfud pada nomor 37 persen, Anies-Cak Imin 19,2 persen.

Kemudian, dalam simulasi ketiga, Prabowo juga unggul jika dipasangkan dengan Khofifah Indar Parawansa. Elektabilitas keduanya mencapai 35,8 persen unggul dari Ganjar-Mahfud pada tempat posisi kedua dengan 26,1 persen, serta Anies-Cak Imin 19,6 persen.

Baca juga:  Kabaharkam Bilang Anggota Polri yang Tidak Netral dalam pilpres 2024 Bisa Kena Sanksi

Sementara, Telesurvei yang digunakan hal itu diadakan oleh Ipsos Public Affairs pada 17-19 Oktober 2023 menyatakan bahwa pasangan calon presiden kemudian perwakilan presiden Ganjar Pranowo lalu juga Mahfud Md unggul dari dua pasangan lain, yakni Anies Baswedan kemudian juga Muhaimin Iskandar, serta Prabowo Subianto yang tersebut hal itu berpasangan dengan Gibran Rakabuming.Telesurvei itu mencatatkan raihan pasangan Ganjar-Mahfud sebesar 31,98 persen, disusul Prabowo-Gibran sebesar 31,32 persen, serta Anies-Muhaimin 28,91 persen.

Peneliti Ipsos Arif Nurul Iman mengatakan, dalam simulasi tiga pernyataan pada area mana Prabowo dipasangkan dengan Gibran, sebanyak 7,79 persen responden menyatakan tidaklah tahu.

“Jadi ketika Prabowo menggandeng Gibran, yang mana menang adalah Ganjar-Mahfud, meskipun ini kemenangan cukup tipis, cuma nol koma, atau masih dalam koridor Margin of Error,” kata Arif pada Sabtu (21/10).

Erick Ungguli Gibran

Bersamaan dengan itu, nama Erick juga unggul dalam bursa cawapres pendamping Prabowo. Erick mengungguli putra sulung Presiden Jokowi dalam dalam hitungan 40 persen.

Dalam simulasi itu, Gibran pada posisi kedua cuma mencapai elektabilitas sebesar 20,9 persen. Sementara Khofifah Indar Parawansa dalam posisi ketiga dengan 14,8 persen.

Baca juga:  Proyek Satu Keluarga Satu Sarjana Jadi Impian Publik

Survei LSI dijalani pada 16-18 Oktober 2023 terhadap 1.229 responden melalui sambungan telepon. Target populasi survei WNI berusia 17 tahun atau sudah menikah.

Survei yang digunakan dilaksanakan setelah MK mengubah syarat pencalonan presiden dan juga juga duta presiden dari unsur kepala daerah. Pemilihan sampel diimplementasikan melalui random digit dialing (RDD) dengan teknik pembangkitan nomor telepon secara acak.

Tingkat populasi nasional yang mampu dijangkau dengan telepon 83 persen, kemudian margin of error ±2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

<! s:banner newstag > <! e:banner newstag >

<! s:fokus > <! e:fokus >

Sumber: CNN Indonesia