Sudah 3 Bulan Nelayan Lobster di Pangandaran Tak Dapat Hasil Tangkapan

  • Bagikan
Aded Wahyudin salah seorang nelayan lobster di Legokjawa, Kecamatan Cimerak (Foto: Kiki Masduki/SP)

Sudah 3 bulan nelayan lobster di Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, tidak mendapatkan hasil tangkapan akibat perubahan cuaca.

Salah seorang nelayan lobster di Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Aded Wahyudin mengatakan, sejak bulan Mei sampai Juli ini, hasil tangkapannya terus berkurang. Hal itu akibat perubahan cuaca sehingga lobster tidak keluar.

Selanjutnya, untuk mengisi waktu kosong Aded hanya bisa mencari ikan di laut dengan menggunakan jaring yang dia beli untuk makan sehari-harinya.

“Untuk kegiatan dirumah tidak ada, kecuali mencari ikan dan membenarkan jaring yang rusak untuk menangkap lobster jika nanti sudah musim kembali,” katanya.

Sedangkan untuk modal membeli jaring perangkap lobster mencapai kurang lebih Rp 1 juta, hal itu bagi dia lumayan cukup mahal. Jaring tersebut hanya bisa digunakan dalam waktu satu bulan atau sama dengan dua kali musiman.

“Meskipun mahal ya mau gimna lagi, itukan udah risiko saya, kalau gak beli jaring pake apa untuk menangkap ikan nya, ya mungkin kalau ada yang rusak saya perbaiki saja biar ngirit biaya juga,” ungkapnya.

Baca juga:  Tak Ikut Panik Hadapi COVID-19, Bupati Jeje Berikan Imbauan Untuk Warganya

Aded menambahkan, untuk kerugian yang dia alami hanya kehilangan jaring yang dia tanam di laut, hal itu lumayan sering.

“Faktor kehilangan jaring saya tidak tahu. Apakah ada yang mengambil atau terbawa ombak,” kata Aded.

Sementara Pengepul lobster di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Legokjawa Solihin mengatakan, harga lobster saat ini keadaan stabil.

Pengepul lobster di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Legokjawa, Solihin (Foto: Kiki Masduki/SP)

Untuk harga lobster sedang kecil seharga Rp 150 ribu per kilogram, lobster kecil hanya RP 100 ribu per kilogram.

Selanjutnya untuk lobster sedang besar mencapai Rp 350 ribu per kilogram, dan untuk lobster besar mencapai Rp 400 ribu per kilogram.

“Meskipun harga saat ini stabil. Namun sudah beberapa bulan para nelayan lobster jarang menjual nya akibat belum musim. Saya berharap semoga lobster segera musim kembali,” paparnya. (Kiki Masduki)

  • Bagikan