Gadget  

Sony WF-1000XM5 Tingkatkan Kualitas Noise Cancelling dalam Desain Lebih Mungil

Jakarta, Gizmologi – Selain merajai pasar kamera, Sony juga menjadi salah satu produsen perangkat audio nirkabel terbaik saat ini, melalui rangkaian True Wireless Stereo Headphones (TWS). Untuk TWS, Sony WF-1000XM5 baru saja hadir dengan klaim peredam bising terbaik saat ini, melalui desain yang didesain ulang sepenuhnya.

Seperti yang sobat Gizmo ketahui, headphone TWS premium Sony mampu bersaing dengan beberapa vendor lain di kelas yang sama dari Apple, Bose, Jabra dan lainnya. Dua generasi sebelumnya mampu menghadirkan active noise cancelling dengan kualitas terbaik sekaligus audio berkualitas tinggi melalui dukungan Hi-Res Wireless Audio.

Namun, ukuran headphone TWS milik Sony relatif lebih besar dibandingkan para pesaingnya. Melalui Sony WF-1000XM5, banyak peningkatan yang dihadirkan dan daya tahan baterai yang masih maksimal, namun dalam dimensi yang lebih kompak, baik headphone maupun charging case. Gabungkan kemampuan berbagai perangkat keras khusus dengan kemampuan AI yang terpasang di dalam perangkat.

Baca Juga: Sony Umumkan Harga Lensa Sony ZV-1 II dan FE 70-200mm F4 Macro G OSS II di Indonesia

Gabungkan beberapa prosesor khusus untuk mendapatkan ANC terbaik

Sony WF-1000XM5

Desain Sony WF-1000XM5 kini terlihat jauh lebih elegan dan minimalis, dimana headphone ini didesain memiliki permukaan yang mengkilat alias shinier. Disajikan dalam dua warna, headphone ini 25% lebih kecil dan 20% lebih ringan dari penerusnya, WF-1000XM4. Selain itu, charging case juga dipersingkat agar mudah dibawa.

Baca juga:  Mercedes GLE Hybrid 2024 adalah bukti lebih lanjut bahwa semuanya dimulai dengan S Class

Selain lebih kecil, Sony telah merancang desain Sony WF-1000XM5 agar lebih nyaman dipakai, memanfaatkan data bentuk telinga manusia yang telah dikumpulkan sejak rilis pertama headphone in-ear pada tahun 1982. Eartip yang terbuat dari busa poliuretan masih tersedia untuk isolasi kebisingan yang maksimal. Selain itu, sertifikasi IPX4 untuk penggunaan yang aman saat berolahraga.

Bagaimana dengan kemampuan noise cancelling Sony WF-1000XM5? Berbagai perangkat keras khusus digunakan, mulai dari dua mikrofon umpan balik khusus, Dynamic Driver X baru dan dua prosesor khusus, yaitu Integrated Processor V2 dan HD Noise Cancelling Processor QN2e. Mereka semua bekerja bersama untuk menyediakan pemrosesan peredam bising waktu nyata, yang secara otomatis mengoptimalkan tingkat kebisingan sesuai dengan kerumunan di sekitarnya.

Sony WF-1000XM5

Selain itu, Sony juga berani mengklaim bahwa Sony WF-1000XM5 dapat memberikan kualitas panggilan suara terbaik saat ini, memanfaatkan teknologi Precise Voice Pickup yang didukung oleh algoritma pengurangan kebisingan dan bantuan pembelajaran mesin berbasis AI, yang merupakan hasil pemrosesan data lebih dari 500 juta sampel suara.

Baca juga:  Rumor mengatakan bahwa Ford F-150 Lightning berperforma tinggi sedang dalam pengerjaan

Sony WF-1000XM5 juga memiliki sensor konduksi tulang yang mampu mendeteksi getaran langsung dari tulang kepala, yang dapat membantu memberikan efek isolasi suara terbaik. Sebanyak tiga mikrofon di setiap earcup juga dirancang untuk mengurangi kebisingan angin, menjadikannya ideal di segala kondisi cuaca.

Sony WF-1000XM5 harganya Rp 4 jutaan

Sony WF-1000XM5

Sony juga tidak melupakan kualitas audio dan masa pakai baterai. Dengan Dynamic Driver X, Sony WF-1000XM5 mampu menghadirkan vokal yang lebih kaya, lebih sedikit distorsi, dan suara lebih jernih. Dukungan Hi-Res Audio dengan LDAC dan 360 Reality Audio codec tetap ada, serta beberapa opsi pemrosesan tambahan untuk meningkatkan kualitas audio secara otomatis.

Meski lebih kecil, baterai Sony WF-1000XM5 tetap didesain lebih tahan lama, mampu memutar musik hingga 8 jam nonstop dengan ANC (+16 jam dari charging case) atau hingga 12 jam tanpa ANC (+24 jam dari charging case). Fitur lain seperti Adaptive Sound Control, Speak-to-Chat, dan Multipoint Connect juga hadir untuk koneksi tanpa batas dengan lebih dari satu perangkat.

Baca juga:  Aleix Espargaro Memiliki Harapan Lebih Usai Jajal Motor di Tes Pramusim MotoGP 2023

Harga Sony WF-1000XM5 adalah US$299,99 atau sekitar Rp4,5 juta. Ini mulai tersedia untuk pre-order di beberapa negara, namun sayangnya tidak serentak di Indonesia. Selama bukan smartphone, seharusnya tidak lama lagi Sony sudah bisa memperkenalkan opsi headset TWS terbaru ini.