BERITA  

Sidomulyo Desa Digital di Pangandaran, Bupati Jeje Resmikan Gedung Command Center

SEPUTARPANGANDARAN.COM – Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata meresmikan ruang Command Center Desa Digital di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pangandaran, Senin, 21 September 2020.

Sebelum meresmikan gedung command center, Bupati Jeje juga diminta oleh Kepala Desa Sidomulyo (Sugiono) untuk menyerahkan penghargaan kepada 4 orang tenaga teknis desa digital.

Dalam kesempatan itu Jeje mengatakan, hari ini dirinya datang ke Desa Sidomulyo yang sudah melakukan digitalisasi.

“Sudah ada dua desa yang sudah digitalisasi, yakni Desa Pangandaran dan Desa Sidomulyo,” ujar Jeje.

Dirinya berharap, ke depan agar seluruh desa di Pangandaran mengunakan digitalisasi.

“Kan banyak faedahnya, bisa ada CCTV. Apalagi Pangandaran daerah wisata yang akan berdampak secara langsung menerima manfaat apapun adalah desa-desa yang ada di Kecamatan Pangandaran,” ujarnya.

Sehingga dengan adanya digitalisasi kata Jeje, bisa mempromosikan potensi-potensi yang ada didesanya, mempromosikan potensi wisata dan lainnya.

Dirinya juga berharap, desa digitalisasi ini bisa disambungkan dengan aplikasi rumah sakit dan perbankan

“Jika terkoneksi dengan rumah sakit, maka kalau ada warga yang sakit, kan gak usah nunggu. Bisa mengetahui jam berapa mendapat antrian. Lalu ada digicash (pembayaran elektronik) seperti BJB yang sudah punya digicash, saya kira ini luar biasa,” kata Jeje.

Baca juga:  Hitung Cepat KPU : Pasangan Jeje-Ujang Unggul di Pilkada Pangandaran

Kata Jeje, kedepan peran pemerintah daerah juga akan ikut mendorong desa digitalisasi dengan memberikan aplikasi yang bermanfaat seperti program pendidikan, kesehatan, promosi wisata dan KUKM.

“Nanti kita buatkan aplikasinya. Seperti di pendidikan bisa mengetahui ada berapa anak-anak kita yang lulus sekolah, berapa yang melanjutkan pendidikan dan yang tidak. Kemudian apa intervensi pemerintah. Dengan digitalisasi akan lebih banyak kemudahan,” pungkasnya.

Kepala Desa Sidomulyo Sugiono mengatakan, selain memiliki gedung command center, juga terdapat dua layar monitor di dua tempat fasilitas umum sehingga warga didesanya bisa membuka aplikasi desa digital.

“Jadi warga yang tidak memiliki hp android juga bisa membuka aplikasi desa digital sendiri melalui layar monitor yang kita pasang di dua lokasi di Desa Sidomulyo,” kata Sugiono.

Selain itu, tambah Dia, di beberapa titik di Desa Sidomulyo telah terpasang CcTv untuk membantu memantau keamanan lingkungan.***