Gadget  

Samsung Galaxy Z Flip 5 & Z Fold 5 Lolos TKDN, Siap Hadir Resmi di Indonesia

Jakarta, Gizmologi – Berbeda dengan banyak brand lain yang masih belum tentu rutin menghadirkan flagship terbaiknya, Samsung selalu mengupdate Galaxy S Series dan Z Series untuk konsumen Indonesia. Kini, Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 telah lulus sertifikasi TKDN, sehingga bisa dijual secara resmi di Indonesia.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Samsung berencana merilis perangkat lipatnya lebih awal. Mungkin agar tidak kalah saing dengan semakin banyaknya penawaran dari kompetitor, selain pilihan seperti OPPO Find N2 Flip dan Moto RAZR 40 Ultra yang hadir dengan cakupan layar lebih luas.

Selain Galaxy Z Flip 5, sertifikat TKDN juga telah diterbitkan untuk Galaxy Z Fold 5. Selain itu, dua sertifikat lainnya juga telah diterbitkan. Yakni, pilihan tablet flagship Samsung terbaru yang konon akan hadir bersamaan. Itu juga dilengkapi dengan aksesori yang dapat dikenakan lainnya.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Samsung Galaxy S21 FE Masih Dianggap Flagship

Tablet lipat dan baru Samsung siap diluncurkan di Indonesia

Bersertifikat Galaxy Z Flip 5 TKDN

Informasi mengenai dekatnya kehadiran Galaxy Z Flip 5, kami peroleh dari sertifikasi website P3DN (Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri) yang baru saja dipublikasikan hari ini (19/6). Dimana Samsung baru saja mendapatkan sertifikat TKDN untuk tipe produk “Samsung SM-F731B”, sudah mendukung spesifikasi 5G dengan nilai TKDN mencapai 35,40%.

Baca juga:  Podcast Resmi PlayStation Episode 462: The Clivecast – PlayStation.Blog

Jika Anda mencari tipe ini di internet, akan muncul jika itu adalah tipe dari Galaxy Z Flip 5, sesuai dengan tipe yang juga dirilis oleh lembaga sertifikasi lainnya yaitu BIS. Selain Galaxy Z Flip 5, ada pula sertifikat untuk tipe SM-F946B yang tak lain adalah Galaxy Z Fold 5. Memiliki nilai TKDN sedikit lebih tinggi yakni 35,50%.

Galaxy Z Flip 5 - Galaxy Tab S9 Ultra
Sumber: Evan Blass

Selain duo Galaxy Z Flip5 dan Z Fold 5, ada dua sertifikat lain yang dikeluarkan secara bersamaan. Masing-masing untuk Galaxy Tab S9+ dengan tipe SM-X816B dan Galaxy Tab S9 Ultra dengan tipe SM-X916B. Ini dapat diterjemahkan menjadi dua kemungkinan.

Kemungkinan pertama, Samsung hanya akan meluncurkan dua tablet dengan dukungan jaringan 5G, sedangkan Galaxy Tab S9 reguler hanya mendukung konektivitas Wi-Fi. Atau sertifikat versi biasa belum diproses oleh Samsung. Apa yang sebenarnya, mari kita tunggu.

Bocoran keunggulan Galaxy Z Flip 5

Galaxy Z Balik 5
Sumber: Evan Blass

Seorang analis Ross Young mengatakan bahwa Samsung akan memperkenalkan Galaxy Z Flip 5 dalam warna baru yakni Beige, Grey, Light Green dan Light Pink. Tentu saja, chipset tersebut akan menjalankan versi kustom Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2, yang dioptimalkan untuk flagship Samsung, mirip dengan seri Galaxy S23.

Baca juga:  Momen Unik Jurnalis Argentina Cicipi Bubur Pinggir Jalan Saat Liputan Live di Jakarta Jelang Vs Timnas Indonesia

Sementara itu, secara desain, dikabarkan Galaxy Z Flip 5 akan memiliki mekanisme lipat baru, membuat layar lebih halus, dan mungkin akan hadir dengan sertifikasi tahan debu. Seperti yang kita ketahui, sebelumnya ponsel lipat Samsung hanya memiliki ketahanan air seperti IPX8 pada Galaxy Z Flip 4 dan Z Fold 4 sebelumnya.

Dan untuk mengimbangi kompetitornya, layar eksternal yang juga dikenal dengan Cover Screen Galaxy Z Flip 5 juga telah diperbesar, dari 1,9 menjadi 3,8 inci. Samsung akan bekerja sama dengan Google untuk membuat lebih banyak aplikasi berjalan optimal di layar sekunder.