SEPUTARPANGANDARAN.COM – Ribuan pelari dari berbagai daerah di Indonesia dan manca negara mengikuti Jabar International Marathon (JIM) 2019, di Pangandaran.

Perlombaan tersebut dibuka langsung Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, di kawasan pantai barat Pangandaran, Minggu (1/12/2019).

Sejak pukul 05:15 WIB, gubernur yang akrab disapa Emil itu melepas pelari kategori Full Marathon (42K) dan Half Marathon (21K), dilanjutkan melepas peserta lari kategori 10K pada 05:30 WIB dan 5K pada 05:45 WIB.

Totalnya, terdapat 2.500 peserta asal Jabar, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Amerika Serikat, Kenya, hingga Australia mengikuti event maraton kelas dunia di Pangandaran.

Di edisi kedua JIM pada 2019 ini pun terdapat kategori anyar, yakni Kid Sprint, sejauh 1 kilometer yang diikuti 100 siswa dari delapan sekolah dasar (SD) yang melewati rute maraton. Gubernur Emil melepas dengan semringah para pelari cilik tersebut.

“Kid Sprint 1K ini lucu-lucuan, sekaligus agar dari kecil anak-anak lokal terbiasa mencintai olahraga lari,” ucap Emil.

Hal yang pasti, Gubernur Emil menyatakan bahwa JIM telah didaulat menjadi kegiatan rutin program pariwisata strategis Jabar.

Baca juga:  Jabar International Marathon (JIM) 2021 digelar di Pangandaran, Besok!

Lewat proyek revitalisasi kawasan pantai barat dan timur yang tengah dilakukan, Emil pun mendorong agar pelaksanaan JIM berikutnya bisa lebih baik dengan jumlah peserta yang makin meningkat.

Gubernur Terbaik Wilayah Tengah versi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia itu pun berujar Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar sangat mendukung pengembangan Jabar melalui revitalisasi kawasan wisata serta transportasi mulai bandara hingga tol.

Emil mengimbau kepada para peserta JIM 2019 agar turut mempromosikan Pangandaran. “Setelah beres (lari), gunakan HP, promosikan Pangandaran biar semua makin maju, makin ramai,” ujarnya.

“Setiap tahun (JIM) diperbesar hingga suatu saat menjadi yang terbaik di Indonesia,” harap Gubernur Emil.

Turut menemani Gubernur melepas para peserta JIM 2019 pagi itu, yakni Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jabar Engkus Sutisna serta Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan wakilnya, Adang Hadari.

Salah satu peserta Kid Sprint, Nasya, mengaku sangat senang bisa mengikuti event lari di wilayahnya.

“Biar sehat, aku juga ikut ekskul lari di sekolah. Senang ikut acaranya ramai,” ujar bocah kelas 5 SD ini.

Baca juga:  Tak Hanya Berlari, Peserta Jabar International Marathon 2019 Bersihkan Pantai Pangandaran

Senada dengan Nasya, ada Rendi siswa kelas 5 SDN 5 Pangandaran yang bangga bisa melihat sosok Gubernur Jabar.

“Baru pertama lihat (gubernur). Saya juga senang lari, mau jadi atlet lari. Tadi saya finis urutan kelima, di sekolah juga paling cepat (lari),” seru Rendi.