Gadget  

Review OPPO A78 4G: Stylish & Palugada di Harga Rp3 Jutaan

Lebih murah tetapi justru lebih memikat. Impresi ini saya dapatkan ketika OPPO pertama kali mengumumkan seri OPPO A78 4G, beberapa waktu setelah versi 5G-nya lebih dulu dipasarkan di Indonesia. Harga lebih terjangkau, tapi beberapa aspek fiturnya justru dibuat naik kelas.

Ya, tidak semua orang membutuhkan jaringan 5G karena ketersediaannya yang belum merata. Dengan begitu, vendor smartphone bisa “kreasikan” smartphone dengan cip 4G lebih terjangkau, namun membawa fitur lainnya yang lebih wah atau menggoda—termasuk OPPO A78 4G yang membawa sejumlah fitur flagship OPPO terdahulu.

Untuk sebuah OPPO A Series, banderol harganya memang tergolong tinggi, dan mungkin membuat Gizmo friends secara otomatis membandingkannya dengan para kompetitornya. Berikut review OPPO A78 4G yang bisa kamu simak sebelum memutuskan untuk membeli.

Desain

OPPO A78 4G

Kalau A77s lebih mengunggulkan penggunaan material Fiberglass-Leather dengan modul kamera yang dibuat kontras, bahasa desain OPPO A78 4G dibuat sangat berbeda. Meski begitu, profilnya tetap dibuat tipis dan ringan, sehingga mudah digenggam dan dibawa ke mana saja.

Bobot OPPO A78 4G ada di kisaran 180 gram, sementara ketebalannya kurang dari 8mm, bergantung pada opsi warna yang dipilih. Warna Hijau Laut menjadi hero color, membawa pola Diamond Matrix yang bisa pancarkan garis-garis membentuk pecahan berlian ketika terkena sinar matahari. Seperti smartphone OPPO dengan OPPO Glow, bodi belakangnya terbebas dari bekas sidik jari, jadi bakal tetap terlihat glowing.

Sementara modul kameranya dibuat mirip seperti versi 5G, memiliki dua lingkaran besar dengan bingkai kamera yang dibuat pas. Keunggulan lain dari desain OPPO A78 4G, selain terlihat stylish, adalah standar daya tahannya yang tinggi. Seperti biasa, OPPO telah menjalankan sejumlah uji standar seperti mikro-drop 28 ribu kali sampai pengujian suhu ekstrem hingga 14 hari.

Tidak hanya itu, OPPO A78 4G juga sudah membawa sertifikasi IP54, membuatnya tahan dari debu dan percikan air. Gizmo friends tidak perlu takut bila perangkat ketumpahan air bersih atau menggunakan smartphone beberapa waktu ketika hujan mulai turun. Memberikan rasa aman yang lebih ekstra.

Layar

Layar OPPO A78 4G

Salah satu aspek yang membuat OPPO A78 4G terasa seperti flagship, ada pada bagian layarnya. Secara visual, terlihat seperti smartphone kelas menengah pada umumnya, dengan kamera punch-hole yang diletakkan di sisi atas kiri layar. Bentang seluas 6,43 inci dibuat lebih ramping dan tinggi, berdampak positif pada kemudahan saat menggenggam satu tangan.

Panel layar yang digunakan sudah berjenis AMOLED, beresolusi full HD+, mendukung cakupan warna 95% DCI-P3 dan terlindungi oleh lapisan Gorilla Glass 5. Layar ini bisa menyala hingga 430 nits—tergolong cukup untuk penggunaan di luar ruangan. Selain itu, refresh rate maksimum sudah mencapai 90Hz, dengan touch sampling rate 180Hz.

Baca juga:  OPPO Reno10 Pro Series Siap Hadir Resmi ke Indonesia, Sudah Lolos Postel & TKDN
in-display fingerprint sensor OPPO A78 4G

Layar AMOLED di smartphone Rp2 jutaan memang sudah banyak. Tapi tidak banyak smartphone dengan layar AMOLED yang sudah didukung oleh in-display fingerprint sensor, bahkan pada segmen harga lebih tinggi. Fitur ini sudah dibawa oleh OPPO A78 4G, dengan kualitas sensor yang sudah terjamin akurasi dan kecepatannya.

Bagi saya pribadi, benefit in-display fingerprint sensor adalah lebih mudah membuka saat OPPO A78 4G diletakkan di atas meja, dan tidak mudah ter-trigger saat dalam genggaman, dibandingkan dengan sensor sidik jari di samping kanan bodi. Always-on display juga bisa diaktifkan, walaupun opsi kustomisasinya tak begitu banyak.

Kamera

OPPO A78 4G

Bila dilihat secara spesifikasi di atas kertas, setup kamera OPPO A78 4G tergolong biasa saja. Mengusung dua sensor berbeda, sensor utamanya beresolusi 50MP dengan diafragma f/1.8. Ditemani sensor sekunder 2MP di bulatan kaca sebelahnya untuk hasilkan efek portrait yang lebih baik.

Tentunya, besaran resolusi tidak bisa dijadikan acuan kualitas kamera satu-satunya. Lantas bagaimana dengan kualitas fotonya? Setelah menjajalnya di berbagai kondisi pencahayaan, menurut saya kamera OPPO A78 4G tergolong cukup. Reproduksi warna natural, detail bukan yang terbaik, dan dynamic range terkadang masih belum efektif untuk menyeimbangkan pencahayaan dalam gambar.

Kamera OPPO A78 4G

Terutama ketika sudah masuk ke area indoor atau bukan dengan pencahayaan berlimpah, foto yang dihasilkan langsung terlihat lebih halus. Bila dibandingkan dengan vivo Y36 4G, sayangnya masih kurang unggul secara merata di semua kondisi—termasuk kamera depannya yang, secara kebetulan, resolusinya hanya “setengah” dari vivo yakni 8MP.

Overall, bukan untuk kamu yang benar-benar ingin hasilkan foto dengan detail terbaik dan minim noise. Selebihnya, masih sangat mumpuni untuk dibagikan ke media sosial, dengan mode malam yang bisa bikin gambar lebih cerah secara efektif. Pilihan filter kamera bawaan juga menarik—bisa jadi solusi untuk bikin foto lebih estetik saat diunggah ke Instagram.

Hasil foto lengkap dari kamera OPPO A78 4G bisa kamu akses lewat album berikut ini ya.

AIL4fc jPVI00EgOaEw18SbP7XrVvTa okKCVc0 cVwA8en8i Z2xsPc7ZNoW0tPh14tuIGIkJar6m2aVng7 M Ah 3 npgXO0 GI7lnIgd6mvStouDo W=w2400
AIL4fc8l99cdv5Bswrg6 SZ3ySzMkr5WzmPPwlTUzeGgpqpVemlFADt7X1ZV8ugQR4VTIF I1wmOXXH8MB4 nMhJXnF4nA07NkB8pqhbViL7csfpWdEFHdan=w2400
AIL4fc EvsjCP2XaoY6wJysUDwJrkrojH8M4BNqzE 67dLSgW5kNjucuF9 MXjtTGlZxp8TP6lB2PBIRNF5hlehsjzjtcMioA4deQ9WMN7BH Lz5Pu6vcphP=w2400
AIL4fc vj gSeo5opmED i40hLxJ15gKn5jawBShoNH2ShJpes8WY3OIM51wmeeQDB0a6 8YLan0
AIL4fc90VMkO7UduoN5yo2d73I O4SRugwnjrGlZl582arkALDl 1do6r1XcHLpsRX4PLfn2sDAeg1q9AtLSiF5bVwyy7R12Lc Wg8b0rEE8QbKKptVVQql6=w2400
Tanpa mode malam
Dengan mode malam
AIL4fc8BrCR
Tanpa mode portrait
AIL4fc8UJqrhKeT8YdbasJ1enQHUw107JRhU0fOCEFB5Xs00rG3vPEvIDcjvHCwWowr 8FWgTqA0byPGFZaM3O 7HpG3onu3hg
Dengan mode AI Bokeh Flare Portrait
AIL4fc FbVlW59tS
Kamera depan, menggunakan mode portrait

Ketika digunakan untuk merekam video, OPPO A78 4G mendukung resolusi maksimum 1080p 30fps. Stabilisasi berbasis software alias EIS turut hadir, sayangnya tidak begitu halus dan cenderung memberikan efek getar saat mengambil video malam hari sambil berjalan kaki.

Sayangnya, EIS tidak tersedia untuk pengambilan video lewat kamera depan. Untuk pengambilan video yang lebih kreatif, kamu bisa mengaktifkan mode Dual-View Video untuk menangkap footage dari kamera belakang dan depan secara bersamaan.

Fitur

ColorOS 13 OPPO A78 4G

OPPO A78 4G hadir dengan ColorOS 13 versi terbaru, berbasis Android 13 dan dijanjikan setidaknya bakal mendapat satu kali pembaruan versi Android. Sementara untuk security patch, dijanjikan sampai 3 tahun ke depan. ColorOS yang dibawa smartphone OPPO Rp3 jutaan ini menurut saya jadi salah satu keunggulan tersendiri.

Baca juga:  Dibanderol Rp1 Jutaan, Soundcore Headphone Q20i Punya Kualitas Hi-Res

Fiturnya? Banyak. NFC, kloning aplikasi, pintasan untuk terjemah? Ada. Sedikit keluhan adalah jumlah bloatware-nya yang menurut saya sangat banyak. Bisa dihapus, memang, jadi mengganggunya di awal saja ketika semuanya baru mulai diunduh saat smartphone tersambung ke internet.

Untuk audio, OPPO A78 4G juga sudah didukung oleh setup speaker stereo yang tergolong berkualitas dan lantang, selain jack audio 3,5mm yang juga masih hadir. Vibration motornya sendiri masih belum nyaman untuk diaktifkan ketika ketik-ketik. Overall, fitur software-nya tergolong komplit dan mudah digunakan, selayaknya smartphone OPPO pada umumnya.

Performa

Skor Antutu OPPO A78 4G

Selain kamera, aspek yang menurut saya biasa saja ada pada sektor performanya. Sama seperti penawaran dari vivo, performa OPPO A78 4G didukung oleh chipset Snapdragon 680 4G dari Qualcomm. Cip yang sangat populer di kalangan smartphone 4G, dikenal memiliki efisiensi daya tinggi berkat fabrikasi 6nm.

Meski begitu, saya merasa performa cip yang satu ini berjalan cukup optimal di OPPO A78 4G, terasa sedikit lebih lancar dibandingkan beberapa kompetitornya, padahal menjalankan layar FHD+ 90Hz. Bisa jadi optimalisasi software-nya lebih sempurna, berkat dukungan seperti Dynamic Computing Engine atau kapasitas RAM 8GB yang bisa di-ekspansi hingga dua kali lebih besar—memanfaatkan penyimpanan 256GB berjenis UFS 2.2.

Maka tidak heran bila OPPO berani menjamin bila performanya dijamin lancar hingga 48 bulan ke depan (hasil dari tes laboratorium internal OPPO). Multitasking terasa cukup gegas, jeda akses aplikasi tidak mengganggu. Paling-paling ketika bermain gim seperti Genshin Impact, harus menerima bila ada frame drop dengan setting grafis low, walaupun masih cukup playable.

Baterai

67W SuperVOOC OPPO A78 4G

Kombinasi kapasitas baterai 5,000 mAh dengan layar AMOLED plus chipset efisien daya tentu membuat daya tahan baterai OPPO A78 4G sangat awet dan bisa diandalkan untuk penggunaan lebih berat sekalipun. Dalam pemakaian normal, rata-rata saya bisa menggunakan smartphone ini sampai malam.. di keesokan harinya.

Bahkan ketika sudah mengaktifkan hotspot pun, masih bisa sampai esok paginya. Yang menyenangkan lagi, kecepatan fast charging OPPO A78 4G juga sudah didukung dengan 67W SuperVOOC, tentunya ditambah adaptor charger yang sudah termasuk dalam paket penjualannya. Benar-benar membuatnya serasa flagship.

Ketika baterai tersisa kurang lebih 10%, cukup isi daya sekitar 15 menit dan baterai OPPO A78 4G sudah bisa mencapai 50%, sudah cukup untuk penggunaan sehari penuh. Kalau ada waktu lebih lama, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit sampai terisi penuh. Saking iritnya, saya sering kali hanya mengisi daya kisaran 30 menit saja, sudah mencapai 90% dan lebih dari cukup untuk kebutuhan harian.

Baca juga:  Khanzab Review: Horor Agamis yang Sadis

Kesimpulan

Kelengkapan OPPO A78 4G

Secara keseluruhan, impresi yang saya dapat setelah menjajal OPPO A78 4G, smartphone ini mampu membuat OPPO A Series serasa naik kelas. In-display fingerprint sensor, 67W SuperVOOC, plus fitur-fiturnya yang lengkap membuatnya cukup nyaman untuk digunakan harian. Di sisi lain, patut dibandingkan dengan penawaran dari vivo di harga Rp3 jutaan.

Soal desain mungkin bisa dibilang subyektif. Secara obyektif, vivo Y36 4G mampu memberikan kualitas foto yang lebih baik, dan layar sedikit lebih lebar (meski bukan OLED), dengan harga sedikit lebih terjangkau. Di sisi lain, OPPO A78 4G unggul dalam dimensinya yang lebih kompak, speaker stereo, dan ColorOS yang lebih nyaman digunakan. Gizmo friends tinggal pilih deh, mana yang lebih pas dengan kebutuhan pribadi.

Spesifikasi OPPO A78 4G

OPPO A78 4G
Klik pada gambar untuk spesifikasi lengkap

General


Device Type
Smartphone

Model / Series
OPPO A78 4G

Released
06 July, 2023

Status
Available

Price
Rp3.599.000

Platform


Chipset
Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6 nm)

CPU
Octa-core (4×2.4 GHz Kryo 265 Gold & 4×1.9 GHz Kryo 265 Silver)

GPU
Adreno 610

RAM (Memory)
8GB LPDDR4x

Storage
256GB UFS 2.2

External Storage
Up to 1 TB

Operating System
Android 13

User Interface
ColorOS 13.1

Design


Dimensions
160 x 73.2 x 7.9 mm

Weight
180 gram

Design Features
Warna: Mist Black, Aqua Green
Gorilla Glass 5 (front), OPPO Glow (back)
IP54

Battery
5,000 mAh, 67W SuperVOOC

Display


Screen Type
AMOLED, 90Hz, 430 nits

Size and Resolution
6.43″ 90Hz, full HD+ 1080 x 2400 pixels (409 ppi)

Touch Screen
Capacitive Touchscreen

Features
180Hz touch sampling rate
95% DCI-P3
In-display fingerprint sensor

Network


Network Frequency
GSM / HSPA / LTE

SIM
Dual-SIM

Data Speed
HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A,

Camera


Multi Camera
Yes (Rear)

Rear
50 MP, f/1.8, (wide), PDAF + 2 MP, f/2.4, (depth)

Front
8 MP, f/2.0, 26mm (wide)

Flash
Yes

Video
Front Camera: 1080P/[email protected]; Rear Camera: 1080P/30fps; 1080P/30fps;

Camera Features
Bokeh Flare Portrait
AI Scene Enhancement
Night Mode
Expert Mode
EIS (main camera)
Panorama

Connectivity


Wi-fi
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth
5.0, A2DP LE

USB
2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go

GPS
Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS

HDMI
No

Wireless Charging
No

NFC

Infrared
No

Smartphone Features


Multimedia Features
Stereo Speaker
3.5mm jack

FM Radio
Yes

Web Browser
HTML 5

Messaging
SMS, MMS, Online

Sensors
Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass