BERITA  

Retakan Jalan Nasional di Pangandaran Diperbaiki

Para pekerja sedang melakukan menambalan jalan yang retak.

SEPUTARPANGANDARAN.COM – Retakan memanjang di jalan nasional menuju Pangandaran di Desa Karangmulya Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran diperbaiki.

Pasalnya akibat retakan tersebut, jalan itu menjadi rawan kecelakaan bagi pengguna jalan.

Beberapa kendaraan alat berat milik Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat Kementerian PUPR melakukan tambal sulam di lokasi jalan yang retak hingga puluhan meter yang sempat ditanami pohon pisang oleh warga sebagai bentuk protes.

Koordinator Lapangan Kementerian PUPR Cucu Wilmansyah mengatakan, untuk di jalan nasional Desa Karangmulya Padaherang sedang dilakukan perbaikan dengan cara tambal sulam.

Menurut Cucu, Pengaruh dari musim kemarau yang panjang ditambah beberapa diguyur hujan, mengakibatkan terjadinya pergerakan tanah sehingga badan jalan mengalami retak-retak.

Sementara menurut Pejabat Pembuat Komitmen Kementerian PUPR Hartono, kalau melihat dari gambar retakan, itu bukan terjadi penurunan, berarti kepadatan pondasi atau tanah dasar cukup.

“Retaknya cenderung ke samping, berarti lebih mungkin karena pergeseran tanah,” ujarnya.

Perbaikan retakan jalan disambut gembira pengguna jalan. Seperti disampaikan Kusmana.

Baca juga:  Mensos Risma Sebut Tagana Bukti Pancasila ada di Tengah Masyarakat

Dengan diperbaikinya retakan jalan yang memanjang tersebut, setidaknya dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Sebelumnya di lokasi ini, sering terjadi kecelakaan sepeda motor karena terjatuh,” tuturnya.

Dia berharap ketika ada jalan yang rusak, agar segera diperbaiki jangan sampai menunggu dulu jatuh korban.