Resmi, MTs Negeri 1 Pangandaran Menempati Gedung Baru 

  • Bagikan

SEPUTARPANGANDARAN.COM – Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, meresmikan gedung MTs N 1 Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Rabu 7 April 2021.

Didampingi Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan, Bupati melakukan prosesi gunting pita sebagai tanda bahwa pemanfaatan gedung tersebut.

Kepala MTs N Pangandaran, Ismail Ridwan menyampaikan, pembangunan ini berawal dari relokasi bangunan lama di dekat masjid agung ke lokasi baru di lahan milik Pemkab Pangandaran seluas 2 hektar.

“Gagasan Pak Bupati, tentu kami sambut baik karena selama ini kampus kita berada di lokasi yang ramai dan ketersediaan lahan yang terbatas,” kata Ismail.

Di bangunan yang baru, saat ini tersedia 33 lokal, jadi masih kurang sekitar 45 ruang dan berharap di sekolah yang memiliki 1000 siswa ini, pembangunannya berlanjut.

“Kami menargetkan 4 tahun ke depan beberapa gedung tempat kegiatan yang saat ini di dua tempat, dapat berkumpul di satu lokasi ini,” ujarnya.

Sementara Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata mengatakan pelaksanaan pembangunan MTs Negeri 1 Pangandaran di lokasi baru ini tentu dengan berbagai pertimbangan.

“Pertama di lokasi lama sudah tidak ideal lagi untuk kegiatan belajar mengajar, seperti dekat dengan jalan raya dan tidak ada fasilitas penunjang untuk kegiatan siswa, karena ketersediaan lahan yang terbatas,” ungkapnya.

Selanjutnya pada lokasi lama, nantinya akan digunakan untuk pengembangan kegiatan keagamaan yang terpusat di Masjid Agung Al Istiqomah.

Terminal Pangandaran juga akan kita pindah ke Nusawiru Cijulang, dan di Pangandaran hanya sebagai perlintasan.

Selanjutnya lahan bekas terminal akan digunakan untuk pengembangan Pasar Pangandaran, karena berdasarkan pengalaman bangunannya hanya satu lantai sehingga perlu penambahan lahan.

“Gedung MTs N 1 Pangandaran memang masih kurang, maka Pemkab akan menyediakan 16 ruang kelas dengan anggaran total 8 M, sedangkan 9 ruang kelas lagi kami serahkan kepada pihak Kemenag,” ujar Jeje.

Dengan begitu ia berharap di tahun 2024 pembangunan gedung MTsN 1 Pangandaran yang saat ini masih memerlukan 33 ruang kelas di Tahun 2024 sudah terpenuhi.

“Saya berharap di tahun 2024 kita sudah punya madrasah Tsanawiyah yang megah” ungkap Jeje.

Sedangkan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pangandaran Nana Supriatna menyampaikan apresiasi atas perhatian Pemkab terhadap kemajuan madrasah di Pangandaran.

“Terimakasih atas dihibahkannya tanah untuk Kementerian Agama Kab. Pangandaran yang akan digunakan konsep pengembangan pesantren bahari, kemudian tanah seluas 10.000 M2 untuk gedung MTsN 1 Pangandaran,” ujarnya.

Ia berharap dapat melanjutkan sinergitas dengan Pemkab dalam berbagai bidang pembangunan keagamaan.

“Adanya MTsN 1 ini sebagai sebuah kampus peradaban keislaman yang mengusung Islam moderat untuk membangun pemahaman-pemahaman Islam tentang moderasi beragama,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah MTsN 1 Pangandaran menyampaikan rasa syukurnya, atas proses pembangunan 8 ruang kelas dapat selesai tepat waktu meski dalam kondisi Covid-19.***

6 Pembaca
  • Bagikan