Gadget  

Rekomendasi Gadget Murah untuk Wujudkan Konsep Rumah Pintar

Dengan teknologi yang sudah semakin maju dan canggih, konsep rumah pintar mulai diminati oleh banyak orang. Ratusan perangkat rumah pintar dirilis ke pasaran tiap tahunnya dan ada semakin banyak orang yang mulai berlomba-lomba untuk mengaplikasikan konsep rumah pintar di hunian mereka.

Bagi mereka yang tertarik untuk mengadaptasi konsep serupa namun hanya memiliki budget terbatas tidak perlu sedih, karena beberapa perangkat rumah pintar bisa dimiliki tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Berikut daftarnya.

1. Smart Speaker

Ada banyak alasan mengapa smart speaker menjadi perangkat wajib ada untuk mereka yang ingin mengaplikasikan konsep rumah pintar di hunian mereka. Mengemas segudang fitur pintar, smart speaker berfungsi sebagai “otak” dari rumah pintar itu sendiri. Perangkat ini membantu pengguna untuk mengontrol perangkat rumah pintar lainnya baik via suara maupun HP. Selain itu, smart speaker juga dibekali dengan fitur-fitur menarik lain seperti memutar radio, membuat timer dan mengatur pengingat untuk jadwal-jadwal penting.

2. Smart Plug

Bagi mereka yang memiliki budget sangat terbatas, namun ingin membuat rumah mereka sedikit futuristik, maka smart plug jadi perangkat rumah pintar terbaik untuk dibeli. Smart plug bekerja seperti halnya stop kontak pada umumnya, namun dengan kemampuan untuk terhubung dengan koneksi rumah pengguna. Dengan begitu, pengguna bisa mengatur smart plug via aplikasi, di mana saja dan kapan saja. Smart plug sempurna untuk mereka yang sering lupa mencabut perangkat seperti kipas angin atau setrika.

Baca juga:  Apple Resmi Merilis iPhone 14 Secara Global

3. Smart Bulb

Kini, fungsi lampu di dalam rumah jadi lebih dari sekedar memberi cahaya pada ruangan di malam hari. Terlebih dengan hadirnya smart bulb atau lampu pintar, pengguna jadi bisa memberi penerangan dalam berbagai macam warna untuk rumah mereka. Jika dibandingkan yang lain didaftar ini, smart bulb menjadi salah satu yang paling murah. Meskipun begitu, nilai jual utama smart bulb bukan pada harganya, tapi kemampuannya untuk terhubung dengan smart speaker sehingga jauh lebih mudah untuk dikontrol.

4. Smart Security Camera

Jika ada satu perangkat rumah pintar yang sangat layak untuk dipasang, maka tidak lain tidak bukan itu adalah smart security camera atau kamera keamanan pintar. Perangkat ini memang tidak dapat menjamin rumah sepenuhnya aman dari pencuri, tapi dengan memasangnya, pengguna setidaknya dapat mencegah orang asing untuk masuk ke rumah. Selain itu, smart security kamera juga jadi perangkat yang mumpuni untuk mengawasi hewan peliharaan ketika pengguna sedang bekerja atau berlibur.

Baca juga:  iPhone 13 Series Resmi Dijual di Indonesia, Ini Daftar Harganya

5. Streaming Stick

Cara untuk menikmati konten di TV telah berubah secara drastis di mana layanan streaming seperti Netflix, Disney+ dan HBO Max, menjadi sumber hiburan utama dalam satu dekade terakhir. Sayangnya, layanan seperti itu hanya tersedia di smart TV yang notabene tidak murah. Untungnya, streaming stick hadir sebagai solusi di mana perangkat ini memungkinkan TV biasa menjadi TV pintar. Beberapa bahkan tidak memerlukan bantuan remote karena bisa dinavigasikan via suara atau asisten digital.

6. Smart Garage Door Opener

Pintu garasi menjadi salah satu pintu paling sering digunakan di rumah, sehingga masuk akal untuk membuatnya otomatis agar lebih mudah. Untungnya, smart garage door opener atau pembuka pintu garasi pintar di pasaran saat ini tidak begitu mahal. Perangkat ini sama seperti pembuka pintu garasi lainnya, namun bedanya, bisa dihubungkan ke internet dan hadir dengan aplikasi di HP. Dengan begitu, pengguna bisa mengontrol pintu garasi mereka dari jauh dan mengetahui kapan pintu garasi terbuka dan tertutup.

Baca juga:  Tips Membeli Smartphone Eks Flagship Agar Tidak Menyesal

7. Smart Curtain Motor

Sesuai namanya, smart curtain motor memberikan kemudahan kepada pengguna agar bisa membuka dan menutup gorden jendela di rumah mereka dengan otomatis dan hanya berbekal HP saja. Perangkat ini sangat mudah dipasang dan bahkan hanya butuh waktu kurang dari lima menit untuk bisa langsung digunakan. Pengguna nantinya bisa mengontrol perangkat ini secara remote via aplikasi di HP atau menghubungkannya dengan Alexa, Siri atau Google Assistant untuk kontrol via suara.

Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa perangkat terjangkau untuk wujudkan konsep rumah pintar. Tertarik untuk meminang perangkat-perangkat di atas?