Ratusan Orang Terisolasi Karena Jalan Rusak di Kalimantan Timur

MerahPutih.com – Masyarakat di Kalimantan masih harus berjuang melewati jalan yang tidak beraspal atau beton bahkan terisolasi

Tercatat, hampir 800 jiwa warga Kampung Deraya, Tanjung Soke, Gerunggung, dan Lemper di Kecamatan Bongan, Kutai Barat, Kalimantan Timur terisolasi.

Baca Juga:

Pemerintah Siapkan Rp 15 Triliun untuk Perbaikan Jalan-Jalan Rusak di Daerah

Jalan akses ke kampung mereka rusak dan tidak dapat dilalui kendaraan. Bahkan untuk jalan kaki, masyarakat sangat kesusahan.

Camat Bongan Tohir memparkan, ruas yang rusak itu adalah jalan sepanjang 9 kilometer dari Kampung Deraya ke Tanjung Soke, dan sepanjang 6 kilometer dari Tanjung Soke ke Gerunggung.

Jalan yang masih berupa jalan tanah tersebut, saat ini menjadi medan lumpur yang licin dan lembek. Di bagian yang licin, warga tergelincir, di bagian yang lunak, kendaraan warga, yaitu motor, menancap tak bisa bergerak, kata dia.

Ia memaparkan, hanya motor dengan modifikasi yang bisa melalui rintangan di jalan itu, antara lain motor dengan ban yang dipasangi rantai atau pun ban khusus medan lumpur dengan kembangan yang jarang seperti biasa digunakan di motor trail.

Baca juga:  Kemenpan RB Tetapkan Formasi ASN 2023 Sebanyak 541.106 Orang

”Kondisi ini sudah berlangsung dua tahun terakhir ini,” kata Tohir.

Apalagi di musim hujan, tingkat kerusakan parah jalan langsung meningkat. Untuk mendatangkan kebutuhan pokok, warga mengirimkannya melalui anak Sungai Mahakam. Namun bila sungai surut, maka kembali transportasi terputus.

”Padahal jarak kampung-kampung ini dengan ibukota kecamatan lebih kurang hanya 20 km,” sebut Tohir.

Namun, kata ia, sebab akses yang tertutup karena jalannya rusak itu, keempat kampung menjadi masuk dalam daerah terluar, terpencil, dan tertinggal.

Tohir mengatakan, pihaknya tengah mencari cara untuk membuka akses jalan.

“Langkah pertama adalah memelihara dan membersihkan jalan dari Kampung Deraya dan ke Kampung Gerunggung sepanjang 15 km,” katanya dikutip Antara. (*)

Baca Juga:

DPRD DKI Minta Jajaran Heru Budi Perbaiki Jalan Rusak Tanpa Tunggu Laporan Warga



Source link