Ratusan Massa Datangi Mapolsek Cijulang, Minta Tiga Warga Dibebaskan

  • Bagikan

Pangandaran – Ratusan warga Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, mendatangi Mapolsek Cijulang untuk meminta pembebasan tiga orang warga dari tahanan, sekitar pukul 13.30 WIB, Jumat (12/03/2021) siang.

Yaya (62) warga Dusun Sanghiyang Kalang, Desa batukaras mengatakan, kedatangan mereka untuk menuntut pihak Polsek Cijulang segera membebaskan ketiga orang yang ditahan.

“Dari ketiga orang warga tersebut, salah satunya ketua RW, yang ditahan sehari semalam di Polsek atas tuduhan pencurian buah kelapa di tanah milik PT,” ujar Yaya, kepada sejumlah awak media di Mapolsek Cijulang, Jumat (12/03/2021).

Yaya menuturkan, ketiga warga yang ditahan adalah Tahmid selaku ketua RW, Yudi selaku bandar dan Keby sebagai buruh.

“Kalau pemilik PT yaitu H Lutfi Hamid dan saudara Ayi selaku kepercayaan perusahaan,” ucap Yaya.

Untuk kelapa yang dipanen, ada di tanah perusahaan, kata Yaya, karena buahnya memang sudah tua.

“Makanya menyuruh Keby untuk memanen, setelah itu hasil panen buah kelapa sebanyak 100 buah dan dijual kepada Yudi selaku bandar,” katanya.

Masih kata Yaya, ketiga warga itu ditahan atas tuduhan pencurian buah kelapa oleh salah seorang kepercayaan dari PT Relasindo.

“Dulu tanah itu milik orang tua pak Tahmid kemudian dijual, namun untuk pohon baik kelapa atau lainya boleh dipanen oleh pemilik tanah awal. Namun dengan catatan tanahnya tidak dijual,” katanya.

Untuk itu, lanjut Yaya, warga meminta keadilan agar ketiga orang tersebut dibebaskan dan permasalahannya diselesaikan di tingkat desa.

“Kami kurang setuju dengan tindakan pelaporan 3 orang tersebut ke polsek oleh saudara Ayi Lonang, orang kepercayaan dari PT Relasindo,” tuturnya.

Dari pantauan di Mapolsek Cijulang, ratusan massa mulai geram ketika pelapor datang ke polsek.

Sampai ditayangkan berita ini, ratusan massa masih berkumpul di Mapolsek Cijulang menunggu hasil akhir musyawarah. (Eris Riswana)

7 Pembaca
  • Bagikan