Puan Maharani Minta eksekutif Pastikan Infrastruktur Mudik Aman Dilalui

Puan Maharani Minta eksekutif Pastikan Infrastruktur Mudik Aman Dilalui

Jakarta – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR RI Puan Maharani memohonkan pemerintah memprioritas keselamatan masyarakat dengan melakukan konfirmasi kesiapan seluruh infrastruktur jalan lalu infrastruktur penunjang lainnya yang digunakan digunakan untuk mudik pada Idul Fitri 2024.

“Antisipasi hal-hal yang digunakan memang benar harus dijalankan oleh semua stakeholder, baik itu dari sisi jalanan maupun semua sarana yang dimaksud digunakan rakyat untuk mudik,” kata Puan di informasi yang diterima ke Jakarta, Jumat.

Fasilitas infrastruktur untuk mudik berubah jadi perhatian di beberapa hari terakhir, pasca separuh jalan ke ruas Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) KM64 arah Jakarta-Sukabumi, longsor.
“Dan untuk jalan tol yang tersebut longsor beberapa hari lalu, pemerintah harus segera melakukan perbaikan dan juga menyiapkan jalur alternatif yang mana aman bagi pemudik,” katanya.

Puan pun mengingatkan pemerintah untuk menjamin kelancaran kemudian keamanan komunitas pada waktu mudik maupun Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 Hijriah hingga Minggu pekan depan. Selain itu, politikus Partai Demokrasi Nusantara Perjuangan itu memohonkan semua tenaga yang mana berjaga memberikan pelayanan terbaik bagi pemudik, mulai di dalam tol trans Jawa, stasiun, pelabuhan, terminal, hingga bandara.

Baca juga:  Telkomsel Berangkatkan 1.400 Pemudik ke Berbagai Kota Tujuan

“Tentunya tak belaka di dalam tempat yang sejumlah pemudiknya, seperti dari Ibukota menuju Jawa, tetapi juga pada daerah-daerah lain, salah satunya jalur tol trans Sumatera,” katanya.

Di samping itu, Puan juga memohon akses pelayanan kesegaran yang digunakan diperlukan pemudik tersedia di posko-posko mudik, baik dalam jalan tol, jalan arteri, stasiun, terminal, maupun bandara. “Pelayanan kesejahteraan sebaiknya meliputi pelayanan emergency,” ucapnya.

Dia menambahkan jajaran pemerintah area dengan pemangku kepentingan terkait juga harus bersiap menyambut kedatangan para pemudik di daerahnya masing-masing, diantaranya dengan memberikan pengawasan terhadap pusat-pusat keramaian kemudian objek wisata.

“Karena pada waktu mudik Lebaran, rakyat juga biasanya sekaligus berlibur bersatu keluarga. Keselamatan serta kenyamanan dalam tempat wisata lalu pusat keramaian pun harus diperhatikan,” ucapnya.

Puan mengimbau warga untuk melakukan perjalanan mudik yang digunakan aman, menyusul prediksi BMKG yang dimaksud menyampaikan adanya prospek hujan dengan intensitas sedang hingga lebat ke sebagian wilayah Negara Indonesia selama periode mudik Lebaran 2024.

“Selalu hati-hati pada melakukan perjalanan mudik. Dan bagi yang digunakan menyebabkan kendaraan pribadi, istirahat apabila memang benar terasa lelah atau mengantuk. Manfaatkan rest area lalu prasarana tempat istirahat yang dimaksud sudah pernah disiapkan oleh petugas,” ucap Puan.

Baca juga:  HMID mempertahankan Hyundai Standby Program untuk menemani mudik Anda

Dia lantas berkata, “Selamat berkumpul bersatu keluarga di Hari Raya. Semoga warga dapat menikmati momen libur Idul Fitri dengan menyenangkan.”

Artikel ini disadur dari Puan Maharani Minta Pemerintah Pastikan Infrastruktur Mudik Aman Dilalui