Presiden Jokowi Cek Kesiapan Stadion Si Jalak Harupat Usai Selesai Direnovasi

Presiden Joko Widodo menganugerahkan seleksi timnas U-17 di Stasiun Si Jalak Harupat, Rabu (12/7/2023) (Foto: Arif Budianto/MPI)

bandung – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo mengunjungi Stadion Si Jalak Harupat yang direnovasi Kementerian PUPR di Kabupaten Bandung, Rabu (7/12/2023). Presiden langsung memverifikasi kondisi stadion untuk Piala Dunia U-17 FIFA 2023.

Menurut Jokowi, proses rehabilitasi yang meliputi perbaikan kursi, rumput, lampu, toilet, ruang ganti, pintu masuk dan keluar stadion, antara lain, menjadi tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Saya senang proses pembaruan sudah selesai. Tapi nanti akan dicek lagi oleh FIFA untuk U-17. Karena kemarin untuk U-20,” jelas Joko Widodo.

Sementara stadion telah diperbaharui dan memenuhi standar turnamen U-20, perbaikan lebih lanjut diperlukan untuk turnamen U-17. FIFA selanjutnya akan menentukan layak tidaknya menggunakan Piala Dunia U-17.

“Layak atau tidaknya stadion-stadion ini adalah tugas FIFA, bukan presiden. Tugas kami memperbaiki dan merenovasi, sementara evaluasi akan dilakukan oleh FIFA,” ujar Presiden Joko Widodo.

Menurut informasi yang didapat, ada 6 hingga 8 stadion yang diusulkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Namun, keputusan final stadion mana yang akan digunakan akan ditentukan oleh FIFA melalui proses verifikasi yang akan dilakukan.

Presiden menyatakan pemerintah siap menyediakan dan menyiapkan stadion-stadion tersebut sesuai dengan kebutuhan FIFA.

Penerbit : Furqon Al Fauzi

Ikuti berita Sportsstars di berita Google