Pohon Beringin Tua di Pangandaran, Tumbang Diterjang Angin Kencang 

SEPUTARPANGANDARAN.COM – Sebuah pohon Beringin berukuran besar yang diperkirakan berusia puluhan tahun, tumbang setelah diterjang angin kencang dan menutup badan jalan, sekitar pukul 14.00 WIB,  Sabtu (07/03/2020).

Pohon tumbang itu berada di Taman Pesona, tepatnya di Dusun Karangsalam Rt 04/02 Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Beruntung saat peristiwa terjadi tidak ada pengguna jalan yang sedang melintas sehingga tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka. Namun, tiang kabel milik PT Telkom serta tihang lampu taman rusak akibat tertimpa pohon.

Dari pantauan, arus lalu lintas pun sempat tersendat selama proses evakuasi pemotongan batang pohon.

Agar tidak menimbulkan kemacetan petugas Unit Lantas Polsek Pangandaran mengalihkan arus lalin ke jalur bagian barat.

Kabid Pengelolaan Sampah Limbah dan Peningkatan Kapasitas DLHK Kabupaten Pangandaran, Cucu Kurniawan mengatakan, pohon beringin tumbang selain menutupi badan jalan juga menimpa tihang listrik dan kabel telepon milik PT Telkom.

“Batang pohon menutup badan jalan sehingga mengganggu arus lalu lintas, tapi petugas langsung mengalihkanya ke jalur barat, untuk evakuasi kami sudah koordinasi dengan pihak BPBD dan Tagana Pangandaran,”ujarnya di lokasi kejadian, Sabtu (07/03/2020).

Baca juga:  Bupati Pangandaran Melantik dan Merotasi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Cucu mengimbau agar warga maupun pengunjung yang tengah berwisata di Pangandaran agar berhati-hati dan waspada mengingat banyak pohon tua yang rawan roboh dan cuaca buruk seperti angin barat kencang tengah terjadi.

“Kami minta kepada wisatawan maupun warga untuk berhati-hati dan waspada apabila sedang melintasi jalur yang banyak pohon-pohon besar,”imbaunya.

Tidak menutup kemungkinan, kata Cucu, karena banyak pohon yang besar-besar di Pangandaran dan saat ini angin kencang masih melanda.

“Pohon besar dan usianya sudah tua itu rawan roboh karena faktor cuaca, dan itu ada di beberapa taman, seperti di PCS, pantai Barat dam Timur, Pantai Karapyak, Batuhiu dan pantai Batukaras,” tutur Cucu.

Cucu menegaskan, pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) juga terus melakukan upaya antisipasi terjadinya pohon tumbang.

“Kami lakukan pemangkasan dahan-dahan pohon yang mengarah kejalan dan melakukan perampingan karena saat ini angin terus melanda,” pungkasnya.

Evakuasi pemotongan batang pohon yang memakan waktu kurang lebih 1 jam itu dilakukan oleh petugas gabungan dari BPBD, Tagana, Satpol PP, TNI dan Polri. (*)