Pilkades Serentak 2023 di Pangandaran: Petugas KPPS Ikuti Simulasi Pemungutan dan Rekapitulasi Penghitungan Suara

Pangandaran – Menjelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak pada 3 Mei 2023 mendatang, Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas Sosial PMD) Kabupaten Pangandaran menggelar bimbingan teknis kepada anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Linmas.

Bimbingan teknis juga diisi dengan latihan simulasi pemungutan dan rekapitulasi penghitungan suara di Pilkades Serentak 2023 dibuka oleh Kepala Dinas Sosial PMD Kab Pangandaran Wawan Kustaman digelar di Taman Sagati Desa Margacinta, Kecamatan Cijulang, Selasa 21 Maret 2023.

Sebagai pemateri, Kepala Bidang Penataan Kerjasama dan Administrasi Pemerintahan Desa Dinas Sosial PMD Kab Pangandaran Yuningsih mengatakan, bimtek dan simulasi pemungutan dan rekapitulasi penghitungan suara diikuti oleh anggota KPPS dari 8 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades Serentak di tahun 2023.

“Tidak hanya anggota KPPS, dalam kegiatan ini juga kami mengundang unsur Muspika yang bertugas mengawasi jalannya pesta demokrasi di Pilkades Serentak nanti,” ungkap Yuningsih.

Tujuan diadakannya simulasi kepada KPPS kata Yuningsih, yaitu untuk memberikan pemahaman sedetail mungkin kepada KPPS dalam tugasnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca juga:  Kegiatan TMMD di Pangandaran Rampung 100 Persen

“Semoga dengan simulasi ini kegiatan pemungutan suara sampai dengan perhitungan suara Pilkades dapat berjalan lancar sesuai harapan kita semua,” harapnya.

Di lokasi, terlihat antusias dari seluruh panitia Pilkades, pemerintah desa dan kecamatan, KPPS dan Linmas untuk mensukseskan Pilkades serentak tahun 2023.

Sebagaimana yang pernah diberitakan sebelumnya, ada delapan desa di Kabupaten Pangandaran yang akan menyelenggarakan Pilkades Serentak 3 Mei 2023 mendatang.

Delapan desa tersebut yakni Desa Pangkalan Kec Langkaplancar, Desa Parakanmanggu Kec Parigi, Desa Sukajaya dan Ciparanti Kec Cimerak, Desa Babakan Kec Pangandaran, Desa Ciparakan Kec Kalipucang, Desa Sukamaju dan Mangunjaya di Kec Mangunjaya.***