Pileg di Pangandaran, Dua Parpol Tersingkir di Parlemen

0
1154
Ketua KPU Pangandaran, Muhtadin, membacakan hasil rekapitilasi suara Pemilu 2019, di Hotel Pantai Indah Timur Pangandaran, Kamis (2/5/2019) dini hari.

PANGANDARAN, (SP) – Pemilihan calon anggota DPRD Kabupaten Pangandaran, periode 2019-2024 diwarnai sejumlah kejutan. Ada partai politik yang menang signifikan, ada yang tersingkir, dan ada pula pendatang baru.

Pileg periode ini, parpol peserta memperebutkan 40 kursi di DPRD kabupaten Pangandaran. Jumlah tersebut bertambah 5 kursi dari jumlah sebelumnya karena adanya penambahan angka pemilih.

Dari hasil Sidang Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara pemilu 2019 di Hotel Pantai Indah yang berakhir Kamis (2/5/2014) pagi, PDIP berhasil mengamankan 15 wakilnya di DPRD kabupaten Pangandaran. Jumlah ini meningkat signifikan dari periode sebelumnya, di mana PDIP hanya meraih 8 kursi.

Kejutan lain, Partai Demokrat dan Partai NasDem yang sebelumnya masing-masing memiliki dua perwakilan, pada periode kali ini harus rela terdepak tanpa kursi.

Berbeda nasib, Partai Perindo selaku pendatang baru berhasil menyelipkan satu perwakilannya di DPRD Kabupaten Pangandaran.

Ketokohan Capres Prabowo Subianto ternyata berhasil mendongkrak popularitas Partai Gerindra di Kabupaten Pangandaran. Partai ini berhasil menambah perolehan kursinya dari semula 1 menjadi 3.

Penambahan kursi juga didulang PKB. Partai warga Nahdliyin ini meraih 5 kursi, dari sebelumnya 4 kursi.

Sementara sejumlah parpol lainnya mempertahankan jumlah kursi yang sama, namum ada juga yang mengalami penurunan. Partai Golkar misalnya, bertahan dengan 5 kursi. Sementara PPP dan PKS masing-masing mempertahankan 3 kursi.

Sementara penurunan perolehan kursi dilami PAN. Dari semula 7 kursi, periode ini PAN hanya meraih 5 kursi.

Dominasi PDIP pada ajang Pileg di Kabupaten Pangandaran sebanding lurus dengan perolehan suara Pasangan Calon Presiden-Calon Wakil Presiden 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Di Kabupaten Pangandaran, Jokowi-Ma’ruf meraih 62,86 persen, sementara pasangan Prabowo-Sandiaga Uno meraih 37,14 persen. (Iwan Mulyadi)

Silahkan berkomentar dengan santun