Pertamina Uji Coba Beli LPG Subsidi Gunakan KTP

Merah Putih. dengan – Pemerintah menerbitkan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 37.K/MG.01/MEM.M/2023 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran LPG Tertentu atau LPG Di Tempat Tujuan.

Peraturan ini menetapkan bahwa penyaluran LPG tertentu dilakukan dengan takaran yang tepat (LPG 3 kg) untuk pengguna LPG tertentu, yang terdiri dari konsumen dari kelompok keluarga, usaha mikro, nelayan sasaran, dan petani sasaran.

Baca juga:

DPR Kritik Rencana Pemerintah Batasi Distribusi LPG 3KG

PT Pertamina Patra Niaga wilayah Kalimantan melakukan uji pencocokan data dan transaksi menggunakan KTP atau KTP di dua kabupaten di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel), untuk memastikan ketepatan target penyaluran Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3kg bersubsidi.

“Program subsidi tepat elpiji 3 kg di wilayah Kalimantan Selatan dimulai pada 1 Juni 2023. Dimulai di dua kabupaten yaitu Kabupaten Balangan dan Tapin,” ujar Area Manager Communication, Relations and CSR PT Patra Niaga Regional Kalimanta Arya Yusa Dwicandra.

Per 11 Juni 2023, penyaluran LPG 3 kg di Kalsel sudah mencapai 49% atau sekitar 47.546 metrik ton atau setara dengan 15,8 juta tabung kuota 2023.

Baca juga:  Unik! Jersey Anyar Persija Jakarta Gunakan Konsep Pixel

Ia mengatakan, ke depan akan dilakukan secara bertahap untuk kabupaten/kota lainnya juga.

Tahap pertama dari program ini adalah memasangkan data di basis GLP dan kemudian akan diuji untuk transaksi dengan konsumen.

Untuk saat ini prosesnya dilakukan oleh PT Pertamina Patra Niaga, masih dalam tahap pendataan dan korespondensi, sehingga belum ada pembatasan pembelian.

“Kami tidak akan melakukan pembatasan tahun ini, kami hanya akan mendata atau mendaftar”, jelasnya.

Meski masih belum ada pembatasan pembelian, ia mengimbau kepada seluruh konsumen, khususnya masyarakat ekonomi mampu untuk tidak membeli elpiji 3 kg sesuai aturan pemerintah.

Selain pencocokan data, lanjutnya, pengguna elpiji 3kg, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan dan melakukan validasi agen dan pangkalan sebelum melakukan uji coba transaksi menggunakan KTP yang terhubung dengan program subsidi tepat melalui website subsidi tepat.

Jumlah basis elpiji 3 kg di dua kabupaten tersebut mulai tepat program pencocokan data subsidi pada Juni 2023 sebanyak 460 basis atau sekitar 79 persen telah tervalidasi dan akan berlanjut hingga akhir Juni 2023.

Baca juga:  Beli Konten di Google Play Bisa Pakai Virtual Account BCA Melalui DOKU

“Dari total basis yang sudah tervalidasi, nanti kami akan mulai melakukan eksperimen transaksi basis elpiji menggunakan situs bersubsidi yang sesuai,” ujarnya.

Baca juga:

LPG 3 kg untuk bahan bakar sepeda motor



Source link