Persib Bandung Unggul atas PSIS Semarang 2-1

0
61
Gelandang Persib Bandung Febri Hariyadi. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

SEPUTARPANGANDARAN.COM – Persib Bandung meraih poin penuh usai menjamu PSIS Semarang dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 yang disiarkan Indosiar. Maung Bandung menang 2-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Soreang, Rabu (6/11/2019).

Kedua gol Persib dicetak Ezechiel N’Douassel dan Febri Hariyadi. Sedangkan PSIS hanya bisa membalas lewat gol Bruno Silva.

Ini merupakan kemenangan keempat Persib dari lima laga terakhir. Sebelumnya, Persib menang 4-1 atas Persebaya Surabaya, mengalahkan Persija Jakarta 2-0, dan mengungguli Kalteng Putra 2-0. Sementara laga melawan Bhayangkara FC berakhir 0-0.

Hasil tersebut membawa Persib naik ke peringkat delapan klasemen sementara dengan 37 poin dari 26 laga. Sedangkan PSIS tetap di peringkat 13 dengan 28 poin.

Persib langsung tampil menyerang begitu laga dimulai. Hasilnya, Maung Bandung membuka keunggulan di menit ke-10 melalui Ezechiel N’Douassel.

Gol ini berawal dari umpan terobosan Ardi Idrus di sisi kiri pertahanan PSIS. Ezechiel yang mengecoh bek PSIS dengan mudah menaklukkan kiper Joko Ribowo meski dari sudut sempit.

Unggul 1-0, Persib semakin gencar melancarkan serangan. Peluang mencetak gol kembali didapat Ezechiel. Sayang, penyerang asal Chad itu tidak bisa memaksimalkannya.

Pertama, Ezechiel terlambat menendang di kotak penalti sehingga bola bisa direbut bek PSSI. Kedua, sundulannya menyambut umpan Abdul Aziz masih tipis meluncur di sisi kiri gawang PSIS.

Persib mencetak gol kedua di menit ke-37 melalui sudulan Nick Kuipers usai menyambut sepak pojok Febri Hariyadi. Tapi, gol itu dianulir wasit karena sudah terjadi pelanggaran sebelum Kuipers menanduk bola.

Semenit kemudian, gawang Persib nyaris kebobolan oleh sundulan Supardi Nasir. Tapi, kiper Made Wirawan dengan gemilang menepis bola sundulan kapten Persib itu sehingga tidak terjadi gol bunuh diri.

Empat menit jelang laga pertama usai, Persib nyaris mencetak gol kedua. Sayang, sundulan Kuipers menyambut umpan silang Omid Nazardi masih melayang tipis di atas gawang PSIS.

Babak Kedua.

Memasuki babak kedua, PSIS mencoba tampil lebih menggebrak. Hasilnya di menit ke-53, skuat racikan Bambang Nurdiansyah mencetak gol penyeimbang.

Gol ini berawal dari aksi Bruno Silva yang menerima bola halauan Supardi Nasir. Sambil membalikkan badan, striker asal Brasil ini melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti dan tak bisa dihalau kiper Made Wirawan. Skor 1-1.

Gol Silva membuat pemain Persib tersentak. Pasukan Robert Alberts ini kemudian meningkatkan serangan. Tapi, lini pertahanan PSIS mampu meredam serangan Esteban Vizcarra dan kolega.

Di menit ke-73, Persib mendapatkan hadiah penalti setelah Ezechiel dijatuhkan di kotak terlarang. Febri Hariyadi yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya. Skor 2-1 untuk Persib.

PSIS mencoba menyamakan skor. Di menit ke-78 serangan balik yang dibangun David Maulana berujung kepada Claudir Marini. Tapi, tendangan keras Claudir masih bisa diantisipasi kiper Made Wirawan.

Semenit kemudian, PSIS kembali mendapat peluang mencetak gol penyeimbang. Sayang, Claudir tidak mampu menjangkau bola sundulan Wallace Costa dan tubuhnya membentur tiang gawang Persib.

PSIS belum menyerah mencetak gol penyeimbang. Sayang, tandukan Bayu Nugroho masih menyamping di sisi kanan gawang Persib meski kiper Made Wirawan sudah tidak mungkin menjangkau bola.

Meski ada tambahan waktu tiga menit, PSIS gagal menyamakan skor. Persib pun menang dengan skor 2-1.

Susunan Pemain

Persib Bandung: Made Wirawan; Supardi, Achmad Jufriyanto, Nick Kuipers, Ardi Idrus; Omid Nazari, Abdul Aziz, Febri Haryadi, Frets Butuan; Kevin van Kippersluis, Ezechiel N’Douassel

PSIS Semarang: Joko Ribowo; Frendi Saputra, Wallace Costa, Safrudin Tahar, Fredyan Wahyu; Septian David, Jonathan Cantillana, Finky Pasamba; Claudir Marini, Hari Nur Yulianto, Bruno Silva.